Cara Menjalankan Software Windows di Mac

cara-menjalankan-softwqare-windows-di-mac

Bagikan Artikel Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Penasaran bagaimana cara menjalankan software Windows di Mac? Berikut ini akan Computory jelaskan bagaimana melakukannya secara lengkap.

Mac memang memiliki ekosistem perangkat lunak yang berkembang, tetapi beberapa software ternama masih hanya mendukung Windows. Entah Anda ingin menggunakan software bisnis atau memainkan game PC yang hanya tersedia di Windows, ada banyak cara untuk menjalankan program Windows di Mac Anda.

BACA JUGA  Merakit PC Gaming Khusus Untuk Game Lawas (Retro)

Daftar Isi

1. Virtual Machine

Virtual machine adalah salah satu cara terbaik untuk menjalankan perangkat lunak desktop Windows. Mereka memungkinkan Anda untuk menginstal Windows dan sistem operasi lain di desktop Mac Anda.

Anda akan memerlukan lisensi Windows untuk menginstal Windows di Virtual machine. Jika Anda sudah memiliki kunci produk, Anda dapat mengunduh media instalasi Windows secara gratis dan menginstalnya dalam program Virtual machine.

Program Virtual machine yang populer untuk Mac diantaranya adalah Parallels dan VMware Fusion yang masing-masing berbayar.

Anda juga dapat menggunakan VirtualBox yang sepenuhnya gratis dan open-source untuk Mac, tetapi dukungan grafis 3D dan integrasi sistem operasi Mac tidak sebaik Parallels dan VMWare Fusion.

Ada satu kelemahan besar untuk Virtual machine: Kinerja grafis 3D nya tidak optimal, jadi sebaiknya janga gunakan metode ini untuk menjalankan game Windows di Mac, kecuali yang ingin dimainkan adalah game lawas.

2. Boot Camp

Boot Camp memungkinkan Anda untuk menginstal Windows bersama dengan macOS di Mac Anda alias dual-boot, tetapi hanya satu sistem operasi yang dapat berjalan pada satu waktu, jadi Anda harus restart Mac untuk beralih antara macOS dan Windows.

Kelemahannya di sini adalah Anda tidak dapat menjalankan aplikasi macOS dan aplikasi Windows secara bersamaan.

Jika Anda hanya ingin menjalankan aplikasi desktop Windows bersamaan dengan aplikasi Mac Anda, virtual machine mungkin akan lebih  ideal. Di sisi lain, jika Anda ingin memainkan game Windows terbaru di Mac Anda, Boot Camp akan lebih ideal.

Seperti halnya mesin virtual, Anda akan memerlukan lisensi Windows untuk menginstal Windows di Mac.

3. Wine

Wine berasal dari Linux. Program Ini adalah lapisan kompatibilitas yang memungkinkan aplikasi Windows untuk berjalan pada sistem operasi lain.

Jadi Anda tidak perlu install Windows lagi, melainkan cukup instal Wine pada MacOS dan setelahnya Anda akan bisa menjalankan program-program Windows.

Sayangnya Wine sering terbentur masalah kompatibilitas, karena ada beberapa aplikasi Windows yang tidak bisa dijalankan dan masih memiliki bug yang cukup mengganggu di beberapa situasi.

Meskipun demikian, Wine adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjalankan aplikasi Windows pada Mac. Karena tidak mengharuskan Anda menggunakan Windows, Anda tidak perlu lisensi Windows untuk menggunakan Wine.

Aplikasi ini sepenuhnya gratis. Cukup unduh Wine atau WineBottler untuk macOS dan coba uji apakah sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak.

4. CrossOver Mac

CrossOver Mac adalah aplikasi berbayar yang akan menjalankan program Windows di Mac.

Aplikasi ini menggunakan kode Wine open-source untuk mencapai hal ini, tetapi CrossOver menyediakan antarmuka grafis yang bagus dan berfokus untuk secara resmi mendukung program populer.

Jika program yang didukung secara resmi tidak berfungsi, Anda dapat menghubungi CodeWeavers dan berharap mereka membuatnya bekerja untuk Anda.

CodeWeavers menyumbangkan perbaikan mereka kembali ke proyek Wine open-source, jadi membayar untuk CrossOver Mac juga membantu proyek Wine itu sendiri.

CrossOver menawarkan uji coba gratis jika Anda ingin mencobanya terlebih dahulu. Anda juga dapat melihat daftar program mana yang berjalan dengan baik di CrossOver sebelum membeli.

Tetapi, meskipun CrossOver berfokus pada kompatibilitas, itu masih didasarkan pada Wine, dan tidak akan bekerja dengan segalanya.

Dengan CrossOver, Anda tidak perlu menjalankan mesin virtual Windows. Tetapi, jika Anda menjalankan mesin virtual Windows, Anda akan dapat menjalankan hampir semua program Windows dengan risiko bug yang lebih sedikit.

CrossOver secara teoritis memungkinkan Anda untuk menjalankan game PC Windows pada Mac dengan kinerja yang lebih baik daripada yang Anda dapatkan di mesin virtual, tetapi Anda akan berisiko mengalami bug dan program yang tidak didukung.

Boot Camp mungkin masih menjadi solusi yang lebih baik untuk itu.

5. Remote Desktop

Jika Anda memiliki komputer atau laptop yang sudah terinstall Windows, maka bisa juga mencoba metode Remote Desktop alias mengakses komputer atau laptop  yang berisikan Windows tersebut melalui aplikasi Mac.

Untuk penjelasan selengkapnya mengenai bagaimana cara mengakses Windows dari Mac menggunakan Remote Desktop akan Computory jelaskan di artikel mendatang.

Artikel Lainnya

Aksesoris Komputer dan Laptop

Link/URL di bawah merupakan link afiliasi, di mana Computory akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan mengggunakan link tersebut.

Tinggalkan Balasan