MacMacOSPanduanSoftware

6 Cara Meningkatkan Performa Mac yang Lemot

Berikut ini akan Computory jelaskan mengenai Cara Mempercepat Mac Anda supaya menambah pengetahuan dan informasi.

Meskipun Anda ingin percaya bahwa file Mac akan selalu berjalan cepat, semua Mac melambat seiring bertambahnya usia. Untungnya, Mac yang lambat tidak berarti waktunya Anda harus membeli yang baru. Ada beberapa cara untuk mempercepat dan meningkatkan performa Mac yang bisa Anda coba.

Mengapa Mac Anda Berjalan Lambat?

Mac Menjalankan Perbaikan Lambat Macbookpro

Ada sejumlah penyebab Mac berjalan lambat. Segala sesuatu mulai dari masalah memori dan membiarkan terlalu banyak aplikasi terbuka dapat menyebabkan kinerja dan kecepatan menurun.

Ada juga kemungkinan komputer Anda kehabisan ruang penyimpanan. Jika Anda tidak memiliki cukup ruang kosong, komputer bisa melambat. Perangkat lunak yang bermasalah juga bisa menjadi sumber masalah.

Saat macOS berjalan lambat, ada sejumlah tip dan trik yang tersedia untuk membantu mengembalikan semuanya ke jalur semula.

Kosongkan Penyimpanan

Salah satu cara termudah agar semuanya berjalan lancar di perangkat keras macOS apa pun adalah dengan mengosongkan penyimpanan. Semakin penuh SSD, semakin lambat ia akan bekerja, dan akan perlu untuk dioptimalkan.

Mulailah dengan menuju ke logo Apple di sudut kiri atas, klik “About This Mac” dan kemudian Storage. Dari sini Anda dapat melihat bagaimana semua penyimpanan Anda digunakan.

Mac Menjalankan Perbaikan Lambat, Kosongkan Penyimpanan

Sekarang klik “Manage” dan mulailah mengosongkan kembali ruang penyimpanan. Di jendela inilah Anda dapat “Optimize Storage” dengan menghapus konten yang tidak Anda gunakan. Kosongkan sampah atau hapus file besar yang tidak lagi Anda perlukan. Singkirkan apa pun yang Anda bisa dan kosongkan penyimpanan untuk kinerja yang lebih baik dan lebih cepat. Jangan lupa juga untuk membersihkan cache browser.

Nonaktifkan Item Login

Saat Anda mencapai titik di mana macOS Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk boot daripada biasanya, inilah saatnya nonaktifkan program startup yang tidak perlu. Item ini dapat bertambah seiring waktu, dan umumnya sangat mudah untuk melupakan apa yang telah Anda berikan izin untuk dijalankan pada saat masuk ke MacOS.

Mac Menjalankan Perbaikan Lambat Nonaktifkan Item Masuk

Untuk melihat apa yang sedang berjalan, klik logo Apple di kiri atas, pilih System Preferences, lalu “Users and Groups”. Di dalam jendela ini, klik tab yang bertuliskan “Item Login” dan lihat apa yang dicentang.

Setiap app yang dicentang akan berjalan otomatis setiap kali Anda masuk ke Mac, baik saat baru dinyalakan atau di restart. Semakin banyak yang Anda aktifkan, semakin besar kemungkinan mereka memperlambat proses Mac.

Nonaktifkan aplikasi yang tidak Anda gunakan atau tidak inginkan guna mengambil kembali sebagian memori yang sangat dibutuhkan.

Perbaiki Disk Permission (Izin Disk)

Dengan penginstalan setiap app di Mac Anda, serangkaian izin ditambahkan yang memungkinkan akses ke program untuk setiap pengguna. Izin ini dapat menjadi “rusak” selama bertahun-tahun dan menyebabkan perlambatan pada Mac tanpa Anda sadari. Untungnya, mengoreksi izin ini sangat mudah.

Mac Menjalankan Perbaikan Perizinan Lambat

Buka folder Aplikasi di jendela Finder dan cari folder “Utilities”. Di dalam folder ini Anda akan menemukan Disk Utility. Setelah aplikasi terbuka, pastikan hard drive Anda dipilih di sisi kiri, lalu klik “First Aid” di bagian atas. Perhatikan bahwa saat menjalankan perbaikan ini, komputer Anda tidak sembari digunakan sehingga dapat memperbaiki izin yang rusak dengan benar.

Gunakan Activity Monitor (Monitor Aktivitas)

Mac Menjalankan Monitor Aktivitas Perbaikan Lambat

Activity Monitor adalah satu-satunya pemantau sumber daya terbaik untuk menemukan semua yang berjalan di mesin macOS Anda pada waktu tertentu. Semuanya akan tercatat di dalamnya, mulai dari aplikasi yang sedang terbuka hingga operasi di belakang layar akan tersedia melalui jendela ini.

Jika Anda melihat aplikasi terbuka yang sedang tidak digunakan, tutup aplikasi tersebut untuk menyimpan sebagian memori / RAM.

Alasan lainnya membuka opsi ini adalah untuk mengidentifikasi aplikasi yang secara konsisten menghabiskan lebih banyak memori daripada yang diperlukan.

Sebagai contoh, Chrome sering dianggap sebagai browser yang boros memori, dan dengan banyak tab terbuka, browser ini dapat dengan cepat memperlambat bahkan komputer yang paling kuat sekalipun.

Jika itu adalah skenario yang memengaruhi Anda, ganti Chrome dengan browser yang tidak terlalu intensif sumber daya seperti Safari, Microsoft Edge, atau Brave.

Nonaktifkan Efek Visual

Mac Menjalankan Dock Fix Lambat

Aspek lain dari kepemilikan Mac yang sering diabaikan adalah efek visual. Efek seperti pembesaran, menganimasikan aplikasi saat dibuka, dan menyembunyikan dok secara otomatis dapat memengaruhi kinerja secara keseluruhan. Jika Anda ingin kinerja tercepat mutlak dari perangkat keras Anda saat ini, buka “logo Apple -> System Preferences and Dock”.

Cari kotak untuk menghapus centang pada tiga fitur yang disebutkan di atas. Anda selalu dapat uji coba untuk melihat apakah hanya salah satu dari fitur yang menyebabkan pelambatan perangkat keras sehingga Anda dapat terus menjalankan sisanya. Anda bahkan dapat menonaktifkan semuanya. Apapun yang Anda pilih, ini adalah langkah kecil yang berpotensi berdampak besar.

Restart dan Update

Mac Menjalankan Pembaruan Perangkat Lunak Perbaikan Lambat

Jika semuanya gagal atau jika Anda ingin menggunakan ini sebagai langkah pertama, mulai ulang Mac Anda. Tidak diragukan lagi, ini adalah langkah termudah dalam daftar apa pun untuk mempercepat Mac Anda dan dapat menyelesaikan masalah sepenuhnya. Hal yang sama berlaku untuk memastikan Mac Anda sudah diperbarui dengan perangkat lunak terbaru. Masalah bug atau perangkat lunak sering kali dapat menyebabkan perlambatan, dan hingga perbaikan atau tambalan dirilis, tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Jika demikian, pastikan Anda selalu mengikuti setiap rilis macOS dan pembaruan aplikasi individual dari Mac App Store.

Kesimpulan

Komputer Mac adalah yang terbaik dalam mengelola memori berkat kepemilikan perangkat lunak dan perangkat keras oleh Apple. Sayangnya, hal itu tidak membuat mereka kebal dari perlambatan. Itulah mengapa masing-masing langkah yang kami berikan ini sangat penting, karena ini adalah garis pertahanan pertama Anda dalam memperbaiki perlambatan apa pun.

Jangan terburu-buru membeli komputer baru. Sebaliknya, mulailah dengan cara-cara meningkatkan performa Mac yang diberikan pada artikel ini dan lihat apakah masalah telah teratasi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Beri dukungan kepada kami dengan cara mematikan Adblock