Apa itu Driver pada Komputer atau Laptop ?

apa-itu-driver
Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Apa itu driver pada komputer atau laptop dan mengapa kita memerlukannya? berikut ini akan Computory berikan penjelasannya.

Driver komputer atau sering disebut dengan perangkat (Device Driver) sangat krusial agar suatu perangkat atau komponen pada komputer dan laptop dapat berjalan dengan sempurna dan optimal. Tidak banyak orang tahu tentang driver perangkat sampai mereka membutuhkannya, baik itu untuk printer, motherboard, CPU, VGA Card, Webcam, Wifi USB, Bluetooth, Sound Card, dan lain sebagainya.

Apa itu Driver Perangkat?

Driver perangkat adalah suatu program yang dibutuhkan oleh suatu perangkat atau komponen yang terhubung dengan komputer/PC atau laptop, supaya dapat terdeteksi dan digunakan oleh suatu sistem operasi, yang berisikan informasi dan berkas spesifik sehingga komputer atau laptop bisa menggunakan perangkat tersebut.

Setiap perangkat, baik itu printer, modem, atau keyboard, harus memiliki program driver. Banyak driver perangkat, seperti driver keyboard, datang dengan sistem operasi. Untuk perangkat lain, Anda mungkin perlu memuat driver baru ketika Anda menghubungkan perangkat ke komputer Anda.

Perhatikan bahwa dalam sistem DOS yang lebih lama, driver adalah file dengan ekstensi.SYS. lalu di lingkungan awal Windows, driver sering memiliki ekstensi.DRV, atau sekarang lebih umum berbentuk instalasi dengan ekstensi .EXE atau .BAT.

Driver ini nantinya akan diinstal ke dalam sistem operasi.

Driver ini tidak hanya dibutuhkan pada OS Windows saja, tetapi juga dibutuhkan di sistem operasi laionnya seperti Mac atau Linux supaya suatu perangkat bisa terdeteksi dan digunakan.

Terkadang, untuk beberapa fungsi umum, misalnya speaker, motherboard, mouse, dsb sudah tersedia driver generik bawaan sistem operasi sehingga tidak perlu diinstal lagi ke dalam OS, tetapi biasanya fungsi unik atau khusus dari perangkat tersebut tidak bisa dijalankan.

BACA JUGA  Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Windows 10 Tanpa Software Tambahan

Misalnya, webcam Anda memiliki fitur unik yaitu dapat memberi efek filter apabila driver perangkat diinstal, fitur ini tidak akan disediakan oleh driver generik bawaan OS, meskipun fungsi dasar webcam tetap bisa dijalankan.

Apa Fungsi Driver Perangkat?

Driver perangkat tidak lebih dari seorang penerjemah yang dimuliakan yang cocok antara perangkat dan program yang menggunakan perangkat. Setiap perangkat baik itu modem atau printer memiliki serangkaian perintah sendiri yang hanya diketahui oleh drivernya. Namun sebagian besar program mengakses perangkat dengan menggunakan perintah generik. Driver perangkat, oleh karena itu, menerima perintah umum dari suatu program dan kemudian menerjemahkannya menjadi perintah khusus untuk perangkat.

Anggap saja driver itu dokumen berisi biodata dan daftar kemampuan dari si perangkat, yang perlu untuk didata dan dimasukkan ke dalam sistem operasi di dalam suatu komputer atau laptop, sehingga komputer atau laptop mengerti bagaimana cara kerja dan bagaimana menggunakan si perangkat tersebut.

Bagaimana Cara Download Driver Perangkat?

Menemukan driver bisa sangat sulit karena sebagian besar manufaktur memproduksi perangkat dan setelah 2 atau 3 tahun berubah dan membuat versi yang berbeda. Menemukan driver untuk perangkat Anda menjadi sangat sulit karena ada beberapa produsen yang menghapus driver perangkat lama dari situs web mereka dan tidak lagi menyediakannya.

Tetapi, umumnya jika perangkat sudah berusia lama, maka driver generik nya sudah tersedia di dalam sistem operasi seperti Windows, Linux, dan Mac, tetapi biasanya fitur khususnya milik perangkat tidak dapat berjalan lagi.

Sayangnya untuk perangkat yang tidak lazim, misalnya scan sidik jari, atau modem SIM card, maka bisa jadi tetap tidak bisa didukung oleh sistem operasi.

Untuk mengunduh driver, Google adalah teman Anda, karena sekarang banyak situs tidak resmi yang menyediakan driver-driver yang dapat diunduh. Tetapi hati-hati dan pastikan untuk scan file yang diunduh dengan antivirus guna memastikan file driver tersebut tidak disusupi malware, virus, dsb.

Artikel Lainnya

Aksesoris Komputer dan Laptop

Link/URL di bawah merupakan link afiliasi, di mana Computory akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan mengggunakan link tersebut.

One Response

  1. Ping-balik: Apa itu Wireless Adapter? Definisi dan Fungsinya | Computory

Tinggalkan Balasan