Cara Menghubungkan Dua Komputer Menggunakan Kabel LAN di Windows 10

Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Telah dilbaca sebanyak: 12 views

Berikut ini akan Computory jelaskan mengenai cara menghubungkan dua komputer menggunakan kabel LAN pada Windows 10 sehingga diharapkan akan memberikan pemahaman yang mendalam untuk anda.

.Koneksi dan transfer data adalah beberapa kegunaan komputer yang tak ternilai. Banyak teknologi telah muncul dari kebutuhan yang mendesak ini. Antar komputer, salah satu metode yang efektif adalah melalui penggunaan kabel Ethernet atau LAN. Di sini kami memandu Anda melalui semua langkah untuk membuat koneksi kabel LAN antara dua PC Windows 10 untuk berbagi file atau transfer data.

Keuntungan Menggunakan Kabel LAN

Salah satu keuntungan utama dengan menghubungkan dua laptop atau komputer Windows 10 adalah menyediakan media untuk berbagi file ketika Anda tidak memiliki akses ke jaringan nirkabel (Wireless).

Sambungan Windows Lan
Jika Anda tidak memiliki atau ada masalah pada jaringan Wi-Fi yang tersedia, maka Anda dapat menggunakan kabel LAN untuk menghubungkan PC Windows 10 dan berbagi file di antara mereka. Prosesnya sederhana, dan Anda hanya perlu menghubungkan kedua PC dengan kabel LAN dan mengubah beberapa pengaturan jaringan. Ini adalah cara yang bagus untuk berbagi file secara lokal.

Memilih Antara Kabel Lurus atau Crossover

Untuk mengetahui kabel mana yang akan menyelesaikan pekerjaan, Anda harus terlebih dahulu menentukan perangkat mana yang ingin Anda sambungkan: apakah jenis perangkat yang sama (dua komputer, misalnya) atau jenis perangkat yang berbeda (komputer ke sakelar jaringan atau hub Ethernet , sebagai contoh).

Ketika dua sistem serupa berbagi file, yang satu mengeluarkan data sementara yang lain menerimanya sebagai masukan. Kabel Crossover akan menghubungkan sinyal pancar di satu ujung ke sinyal penerima di ujung lainnya. Karena itulah kabel Crossover lebih ideal untuk koneksi LAN/Ethernet antara sistem serupa, seperti dua komputer atau dua laptop, atau antara komputer dengan laptop.

BACA JUGA  Apa itu Wireless Adapter? Definisi dan Fungsinya

Cara Menghubungkan Dua PC Windows 10 dengan Kabel LAN

Dengan kabel saling silang di tangan, sambungkan kedua PC. Setelah selesai, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Buka Control Panel -> Network and Internet -> Network and Sharing Center -> Change Adapter Settings.

koneksi-windows1

2. Klik Change Adapter Setting., yang akan menampilkan koneksi yang berbeda. Pilih koneksi yang sesuai untuk LAN Anda. Biasanya, tetapi belum tentu, koneksi akan bernama Ethernet.

windows-koneksi2

3. Klik kanan pada koneksi dan pilih “Properties“. Jendela properti koneksi area lokal akan muncul.

4. Di bawah tab Networking, pilih “Internet protocol version 4 (TCP/IPv4)“, lalu klik “Properties“.

Pengaturan Jaringan Lan 1

Di menu Properties, atur alamat IP dan subnet mask komputer pertama ke:

  • IP – 192.168.0.1
  • Subnet Mask – 225.225.225.0

Ulangi semua langkah di atas untuk komputer kedua dan atur alamat IP dan subnet Mask sebagai berikut:

  • IP – 192.168.0.2
  • Subnet Mask – 225.225.225.0
Pengaturan jaringan

Catatan: jika Anda ingin jaringan lokal dan Internet bekerja secara bersamaan, pastikan di bawah Pengaturan Adaptor Anda telah membatalkan pilihan IP Ver 6 untuk semua perangkat. Pastikan juga untuk setel ulang Alamat IP ke “discover automatically“.

5. Setelah menetapkan alamat IP, Anda harus kembali ke Network and Sharing Center dan mengklik opsi “Ubah pengaturan berbagi lanjutan”.

6. Di menu setelan berbagi lanjutan, Anda perlu mengaktifkan opsi “Aktifkan penemuan jaringan” dan “Turn on automatic setup of network-connected devices“.

Berbagi Lanjutan Koneksi Lan Windows 10

Anda juga dapat mencentang opsi File and printer sharing. Ini akan memungkinkan PC Windows 10 lainnya untuk mengakses file dan printer yang dibagikan di jaringan.

7. Klik kanan pada “This PC” dan pilih “Properties“. Klik “Change settings -> Change“. Ini akan membuka jendela dengan nama Workgroup. Nama Workgroup harus sama untuk kedua PC. Secara default, nama grup kerja akan menjadi WORKGROUP, tetapi Anda dapat mengubahnya menjadi nama apa pun yang Anda suka.

koneksi windows5

8. Klik kanan pada drive yang ingin Anda bagikan. Gulir ke opsi “Give access to” dan klik “Advanced Sharing“. Di bawah tab Sharing, klik tombol “Advanced Sharing“.

koneksi windows6

Ini akan membuka jendela bernama Advanced Sharing. Centang kotak “Share this folder” dan klik “Apply -> OK

windows-sharing7

Pada tahap ini, Anda telah berhasil menghubungkan dua PC Windows 10 untuk berbagi data-data yang ada di dalam drive.

BACA JUGA  Cara Meningkatkan Volume Maksimum di Windows 10

Mentransfer File

Anda sekarang dapat mentransfer folder atau file tertentu antara dua PC Windows 10 yang terhubung. Untuk berbagi folder atau file tertentu dari Komputer A (ADMIN-HP) dengan Komputer B, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Klik kanan folder atau file yang diinginkan di Komputer A. Gulir ke opsi “Give access to” dan klik “Specific people“.

windows-koneksi8-2

2. Di jendela Network Access yang baru dibuka, pilih “Everyone” dari menu drop-down. Selanjutnya, klik “Add” dan klik “Share“.

koneksi windows9
3. Demikian pula di Komputer B, Anda perlu membuka PC ini dan klik opsi Jaringan di panel kiri. Di sini Anda akan melihat nama-nama komputer yang terhubung, bagian dari jaringan. Dalam contoh ini, Komputer A adalah ADMIN-HP. Klik dua kali pada ikon komputer ADMIN-HP tersebut dan nantinya semua file yang dibagikan akan ditampilkan. Pada tahap ini, Anda dapat menggunakan fitur copy-paste untuk memindahkan konten yang diinginkan.
Koneksi Kabel Windows 10 Lan

4. Jika Anda ingin menyalin file dari Komputer B ke Komputer A, Anda harus melakukan langkah yang sama, tetapi kali ini langkah yang sebelumnya dilakukan di Komputer A perlu dilakukan di Komputer B dan sebaliknya.

Artikel Lainnya

Aksesoris Komputer dan Laptop

Link/URL di bawah merupakan link afiliasi, di mana Computory akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan mengggunakan link tersebut.

0 0 votes
Article Rating

Tinggalkan Balasan

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments