LinuxSoftware

Cara Menggunakan / proc pada Linux

Berikut ini akan Computory jelaskan mengenai Cara Menggunakan / proc pada Linux supaya menambah pengetahuan dan informasi.

Salah satu hal terbesar tentang Linux adalah seberapa besar kendali yang Anda miliki atas sistem Anda. Anda dapat mengedit apa pun yang Anda inginkan, dan ada banyak hal yang fleksibel dan tersedia untuk Anda. Selain itu, Linux sangat transparan – pesan kesalahan sangat jelas, dan tidak sulit untuk melihat cara kerja bagian dalam sistem Anda.

Salah satu cara terbaik untuk melihat cara kerja bagian dalam itu adalah direktori “/ proc”. Di sini kami menunjukkan kepada Anda bagaimana menggunakan direktori “/ proc” untuk memeriksa cara kerja bagian dalam sistem Linux Anda.

Apa Itu Direktori / proc?

Direktori “/ proc” diisi dari awal setiap kali sistem Linux Anda melakukan booting dan sepanjang waktu dijalankan. Kernel melakukan survei terhadap semua perangkat keras dalam sistem dan menyimpan informasi tersebut di sana, sehingga memudahkan program lain untuk melihat informasi terperinci pada perangkat keras sistem.

Mungkin yang paling penting untuk dipahami tentang “/ proc” adalah bahwa ini bukan direktori normal dengan file normal – ini lebih seperti melihat ke internal sistem. File dalam direktori ini tidak dibaca dan disimpan ke hard drive seperti dokumen atau MP3 biasa Anda – mereka dibuat oleh kernel Linux dengan cepat. Mengakses file “/ proc / meminfo” kemungkinan akan memberikan hasil yang berbeda setiap saat karena penggunaan memori hampir selalu berfluktuasi.

Dengan meletakkan jenis informasi sistem ini ke dalam sistem file virtual seperti “/ proc,” para pengembang mematuhi filosofi UNIX “semuanya adalah file.” Mereka melakukan ini agar dapat dengan mudah dibaca oleh setiap orang atau perangkat lunak semudah file teks biasa – tidak diperlukan perpustakaan atau bahasa khusus. Bagi kami, ini berarti bahwa informasi sistem terkini selalu tersedia dengan mudah.

Catatan: semua file yang disebutkan di sini harus terbuka dengan rapi di editor teks pilihan Anda. Contohnya adalah menampilkan konten menggunakan standar cat perintah dari dalam terminal.

/ proc / cpuinfo

Jika Anda pernah menghabiskan waktu di “/ proc”, ada kemungkinan Anda sudah familiar dengan file ini. Menampilkan konten “/ proc / cpuinfo” akan memberi Anda gambaran rinci tentang CPU apa yang Anda miliki dan fitur apa yang didukungnya.

Proc Cpuinfo

/ proc / meminfo

File terkenal lainnya di / proc, “meminfo,” adalah file yang sangat berguna untuk disimpan. Ini menunjukkan kepada Anda informasi tentang penggunaan memori dan swap dan merupakan salah satu cara skrip dan program dapat mengetahui apa yang tersedia.

Proc Meminfo

/ proc / cmdline

File ini menunjukkan opsi yang digunakan untuk memulai kernel. Ini dapat berguna saat memecahkan masalah boot atau jika Anda perlu memverifikasi file kernel mana yang digunakan untuk boot. Anda juga dapat memeriksa apakah daftar hitam driver Nouveau Anda berfungsi, yang jelas saya lakukan.

Proc Cmdline

/ proc / filesystems

File yang kurang dikenal tetapi masih berguna adalah “sistem file”. Dari sini Anda dapat membaca daftar filesystem (agak ekstensif) yang saat ini didukung oleh kernel Anda. Tidak semua ini adalah jenis sistem file yang Anda gunakan untuk menyimpan data Anda – beberapa seperti “/ proc” itu sendiri dan memiliki kegunaan tujuan khusus.

Proc Filesystem

/ proc / PID

Dalam kasus ini, PID adalah ID proses dari program yang sedang berjalan. Setiap proses memiliki nomor unik yang digunakan sistem untuk mengidentifikasi contoh khusus dari program tertentu itu. Misalnya saat Anda menjalankan program top dari baris perintah, Anda melihat daftar proses yang berjalan dan PIDnya. Setiap proses memiliki subdirektori sendiri di “/ proc”, yang dapat Anda telusuri untuk mencari informasi tentang proses tersebut.

/ proc / modules

Salah satu file terpenting di / proc, “modules” berisi daftar lengkap dari modul kernel yang saat ini aktif. Jika Anda pernah mengalami masalah driver video, Anda mungkin tahu betapa bermanfaatnya ini. Meskipun mungkin bukan sesuatu yang Anda gunakan setiap hari, file ini dapat menjadi penyelamat untuk pemecahan masalah.

Modul Proc

/ proc / mounts

Anda dapat dengan cepat dan mudah memeriksa semua perangkat yang terpasang dengan membuka file “mounts”. Sekali lagi, banyak item di sini belum tentu mount point yang perlu diperhatikan oleh pengguna. Sebagian besar bagian yang relevan bagi Anda akan ditemukan di bagian bawah.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Beri dukungan kepada kami dengan cara mematikan Adblock