MacMacOSPanduanSoftware

3 Cara Menggunakan Mac dengan Lebih Efisien

Berikut ini akan Computory jelaskan mengenai Cara Menggunakan Mac Anda dengan Lebih Efisien supaya menambah pengetahuan dan informasi.

Entah Anda menggunakan Mac dalam kapasitas profesional atau hanya untuk menonton video di YouTube, ada banyak cara supaya penggunaan Mac bisa menjadi lebih efisien. Pada artikel kali ini, Computory akan berikan beberapa pendekatan untuk mempercepat cara Anda menggunakan Mac.

Mengapa Anda Ingin Menggunakan Mac dengan Lebih Efisien

Sederhananya, semakin banyak waktu yang Anda miliki, lebih banyak hal Anda dapat melakukan. Pada macOS, umumnya Anda harus membuka folder Aplikasi atau Dock, kemudian membuka aplikasi yang Anda inginkan, kembali ke Dock ke app lain, dan menutupnya dari menu. Kami memperkirakan proses ini akan memakan waktu sekitar 60 detik.

Satu menit mungkin tidak terasa lama, tetapi iada cara untuk melakukan proses yang dijadikan contoh di atas dengan lebih cepat. Cara paling efisien untuk membuka dan menutup aplikasi adalah dengan:

  • Buka Spotlight dan cari aplikasi yang akan dibuka.
  • Setelah dimuat, gunakan pintasan App Switcher untuk menyorot aplikasi yang ingin Anda tutup.
  • Tekan pintasan untuk menutup aplikasi.

Dengan melakukan dan membiasakan cara di atas, Anda akan menghemat cukup banyak waktu. Karena itu, mempelajari cara menggunakan Mac Anda dengan lebih efisien adalah sesuatu yang mungkin ingin Anda pertimbangkan.

Cara Menggunakan Mac Anda dengan Lebih Efisien

Ada tiga cara berbeda untuk menggunakan Mac Anda dengan lebih efisien. Untungnya, setiap metode sudah terpasang di macOS.

1. Buka Aplikasi dan File Menggunakan Spotlight

Konsensus umum adalah bahwa Dock adalah tempat untuk semua aplikasi Anda – setidaknya yang Anda gunakan secara teratur. Namun, Dock penulis ini tidak sesuai dengan cetakannya.

Dock macOS minimal.

Anda akan melihat tidak ada yang duduk di Dock selain dari aplikasi yang sudah terbuka (salah satunya adalah Finder). Ada dua alasan untuk ini.

Alasan utamanya adalah karena alat pencarian Spotlight adalah cara yang lebih cepat untuk membuka aplikasi, file, dan hampir semua hal lain di Mac Anda (atau web dalam beberapa kasus). Cukup tekan Perintah + Ruang pintasan, bilah Spotlight baru terbuka, dan Anda dapat mulai mengetik.

Terlebih lagi, tidak menggunakan Dock memengaruhi sumber daya Mac Anda lebih sedikit. Selain itu, menjauhkan file dari Desktop dan folder Unduhan Anda juga membuat sumber daya tetap gratis.

Layar “System Preferences -> Spotlight” sangat bagus untuk menyesuaikan pengalaman Anda dengan kebutuhan spesifik Anda.

Mac Efficiently Spotlight

Misalnya, jika Anda tidak ingin menyertakan musik dalam hasil pencarian Anda, Anda cukup menghapus centang pada kotak dan memfilternya.

Untuk pengguna Power Spotlight, aplikasi Alfred layak dicoba dan terbilang penting karena dapat meningkatkan apa yang dapat dilakukan Spotlight untuk meningkatkan efisiensi Anda.

2. Temukan Cara Terbaik untuk Beralih Antar Aplikasi

Metode selanjutnya ini sederhana, namun efektif dan ampuh. App Switcher adalah jalan pintas yang membutuhkan Perintah kunci untuk selalu ditahan. Namun, ini menawarkan dorongan untuk menggunakan Mac Anda dengan lebih efisien.

Pengalih Aplikasi macOS.

Ini memungkinkan Anda mengubah aplikasi yang Anda gunakan dari yang terbuka. Anda juga dapat menutup aplikasi di sini.

Ini diakses dengan menahan tombol Command dan menekan Tab. Anda akan melihat siklus App Switcher di sekitar aplikasi Anda yang terbuka. Untuk memutar mundur aplikasi, Anda dapat menggunakan shortcut Command + ~ .

3. Pelajari Pintasan Keyboard Paling Penting

Terakhir adalah menggunakan pintasan keyboard untuk mempercepat cara Anda menavigasi Mac. Karena ini bisa dibilang cara nomor satu untuk menggunakan Mac Anda dengan lebih efisien.

Daftar shortcut keyboard pada Mac selengkapnya akan kami jelaskan pada artikel lain.

Berikut beberapa tip tambahan yang bisa dipertimbangkan untuk meningkatkan efisiensi:

  • Tombol Command pada Apple berfungsi serupa dengan tombol CTRL pada Windows,
  • Anda dapat menyetel pintasan khusus aplikasi dalam layar “Preferensi Sistem -> Keyboard -> Pintasan”.
  • Layar Keyboard juga berisi cara untuk “memetakan ulang” alias “remapping” kombinasi tombol shortcut yang bisa diatur sesuka hati.

Terakhir, jika Anda khawatir akan melupakan semua shortcut yang ditemukan di aplikasi, cobalah aplikasi CheatSheet.

Aplikasi CheatSheet.

Dengan menahan tombol Command selama beberapa detik, Anda akan mendapatkan hamparan pop-up yang menampilkan semua pintasan keyboard aktif untuk aplikasi yang Anda masuki.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Beri dukungan kepada kami dengan cara mematikan Adblock