PanduanSoftwareWindows

4 Cara Mengambil Screenshot yang Menampilkan Kursor Mouse di Windows

Berikut ini akan Computory jelaskan mengenai Cara Mengambil Screenshot yang juga menampilkan Kursor Mouse di Windows supaya menambah pengetahuan dan informasi.

Tangkapan layar memungkinkan kita untuk menyimpan informasi penting dengan cepat di layar seluler atau komputer. Windows menyediakan dua opsi untuk mengambil tangkapan layar.

Yang pertama adalah melalui tombol PrtSc (Print Screen) pada keyboard, dan yang kedua menggunakan fitur Snipping Tool. Saat Anda mengambil tangkapan layar dengan salah satu metode tersebut, hal itu akan menyembunyikan kursor mouse. Tetapi, menggunakan kedua cara itu, tidak ada pengaturan untuk menyertakan kursor mouse ke dalam tangkapan layar.

Pada artikel kali ini, Computory akan berikan beberapa aplikasi yang memungkinkan Anda mengambil screenshot yang juga menampilkanm kursor mouse di Windows.

1. ShareX

ShareX adalah salah satu opsi populer yang tersedia untuk mengambil tangkapan layar dengan kursor mouse di Windows.

Khususnya, ShareX juga merupakan alat praktis, karena dilengkapi dengan pemilih warna, penggaris, dan bahkan decoder / encoder QR Code. Di atas semua fitur ini, ini juga dapat berfungsi sebagai perekam layar.

1. Instal ShareX di PC Anda.

2. Buka ShareX. Di panel kiri, klik opsi “Pengaturan Tugas”.

Sharex Screenshot Dengan Mouse Cursor Windows

3. Klik Capture di panel kiri. Di sini, pastikan untuk mengaktifkan opsi “Show cursor in screenshots”.

Sharex

Sekarang Anda siap untuk mengambil tangkapan layar dengan kursor mouse di Windows menggunakan perangkat lunak ShareX. Anda dapat mengambil tangkapan layar hanya dengan menekan tombol Capture pada antarmuka ShareX.

2. Greenshot

Perangkat lunak sumber terbuka pengambilan tangkapan layar populer lainnya adalah Greenshot. Selain tangkapan layar biasa, ini juga memiliki beberapa fitur pengeditan tambahan dan sangat sesuai dengan kebutuhan kita untuk mengambil tangkapan layar dengan kursor mouse di Windows.

1. Instal Greenshot di PC Windows Anda.

2. Karena aplikasi berjalan di latar belakang, Anda harus pergi ke Bilah Tugas, klik logo Greenshot, lalu klik Preferensi.

Preferensi Greeshot

3. Pada jendela Pengaturan, pergi ke tab Capture dan pastikan opsi “Capture mousepointer” dicentang.

Greenshot Screenshot Dengan Mouse Cursor Windows

Itu dia! Anda siap untuk mengambil tangkapan layar dengan penunjuk mouse dengan Greenshot. Khususnya, ini menimpa kombinasi hotkey Ctrl + PrtSc, untuk mengambil tangkapan layar dengan cepat.

3. Steps Recorder

Steps Recorder adalah perangkat lunak bawaan yang tersedia di Windows. Ini adalah alat yang membantu Anda merekam langkah atau gerakan yang Anda lakukan di komputer Anda. Ini berguna saat Anda mencoba menjelaskan sesuatu kepada seseorang, seperti menjelaskan masalah Anda kepada agen dukungan profesional online.

Hal yang baik tentang Steps Recorder adalah ia juga dapat mengambil tangkapan layar dari langkah-langkah tersebut. Berikut cara menangkap tangkapan layar dengan program ini:

1. Cari “Steps Recorder” di menu Start.

2. Buka Steps Recorder dan tekan tombol “Start Record”. Perhatikan bahwa aplikasi ini mengambil tangkapan layar dari setiap “Langkah” yang dapat Anda ambil. Saat Anda mengklik layar, kursor mouse akan muncul.

Perekam Langkah

3. Setelah Anda selesai merekam langkah-langkah Anda, klik tombol “Stop Record”. Perangkat lunak ini akan memperluas dan menampilkan semua langkah bersama dengan kursor mouse saat diklik.

Langkah Perekam Screenshot Dengan Kursor Mouse Windows

4. Anda akan melihat bahwa jendela aktif muncul di bawah batas hijau.

4. IrfanView

Alat screenshot ini dikembangkan oleh Irfan Skiljan, demikian namanya IrfanView. Ini adalah perangkat lunak pengambilan tangkapan layar yang bagus yang juga memungkinkan Anda untuk mengedit, mengonversi, dan memprosesnya langsung di aplikasi.

1. Pasang IrfanView.

2. Buka alat dan buka menu Opsi.

3. Di bawah Opsi, klik “Tangkap / Tangkapan Layar”.

Tangkapan Layar Kursor Irfanview

4. Di jendela “Capture Setup” yang baru dibuka, pastikan untuk memeriksa opsi “Sertakan kursor mouse”.

Sertakan Irfanview Kursor Mouse

Untuk mengambil tangkapan layar dengan IrfanView, Anda perlu menekan default Ctrl + F11 kombinasi tombol pintas. Anda dapat mengubah tombol pintas sesuai keinginan Anda.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Beri dukungan kepada kami dengan cara mematikan Adblock