HardwareJaringanUSB

Apa itu Wifi Dongle dalam Jaringan Komputer?

Ingin tahu apa yang dimaksud dengan Wifi Dongle dalam jaringan komputer supaya Anda bisa lebih memahami mengenai hal tersebut.

Sebuah jaringan adalah sekumpulan komputer, server, mainframe, perangkat jaringan, periferal, atau perangkat lain yang terhubung untuk memungkinkan berbagi data. Contoh jaringan adalah Internet , yang menghubungkan jutaan orang di seluruh dunia.

Apa itu Jaringan Komputer?

Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang terhubung satu sama lain untuk tujuan komunikasi data secara elektronik. Selain secara fisik menghubungkan komputer dan perangkat komunikasi, sistem jaringan memiliki fungsi penting untuk membangun arsitektur kohesif yang memungkinkan berbagai jenis peralatan untuk mentransfer informasi dengan cara yang hampir mulus (seamless).

Definisi Wifi Dongle

Wifi Dongle adalah stik USB Wi-Fi portabel kecil yang dapat terhubung ke laptop, ponsel pintar, atau tablet untuk menyediakan layanan internet yang nyaman saat bepergian.

Perangkat ini berfungsi sebagai modem internet portabel, dan ketika dongle dicolokkan ke komputer, perangkat pada dasarnya terhubung ke modem. USB dongle Wi-Fi adalah alat yang sangat berguna untuk pelancong dan mereka yang bekerja dari komputer yang membutuhkan akses konstan ke internet.

Wifi Dongle ini merupakan salah satu jenis Wireless Adapter, tetapi khusus untuk perangkat yang dicolokkan pada port USB. Istilah dongle ini juga umum digunakan untuk perangkat lain yang juga terhubung melalui port USB tersebut, misalnya Bluetooth dongle.

Cara Kerja dan Fungsi Wifi Dongle

Berikut ini beberapa kegunaan dan fungsi Wifi Dongle dalam jaringan komputer yang penting untuk Anda ketahui.

Menggunakan dongle Wi-Fi itu sederhana, cukup tancapkan stik Wi-Fi ke komputer atau ponsel dan langsung sambungkan ke internet. Setelah dicolokkan, dongle USB Wi-Fi juga dapat digunakan untuk berbagi koneksi internet dengan perangkat lain, berbagi dan menerima file, dan banyak lagi.

Manfaat dan Kelebihan Wifi Dongle

Lalu, apa saja macam dan jenis Wifi Dongle yang ada saat ini? Berikut ini akan Computory berikan penjelasan lengkapnya.

Manfaat utama menggunakan dongle Wi-Fi adalah memungkinkan pengguna untuk terhubung ke internet di mana saja, kapan saja. Dongle ini sangat portabel dan mudah digunakan, cukup kecil untuk dimasukkan ke dalam saku dan hanya perlu dicolokkan untuk mulai digunakan. Dongle komputer juga ditenagai oleh komputer, jadi tidak perlu khawatir tentang pengisian daya.

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan tentang Wifi Dongle, yang diharapkan bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda terkait hal tersebut.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Beri dukungan kepada kami dengan cara mematikan Adblock