HardwareJaringanRouter

Apa itu Router dalam Jaringan Komputer?

Berikut ini akan Computory jelaskan mengenai apa itu Router dalam jaringan komputer agar Anda bisa lebih memahami tentang hal tersebut.

Sebuah jaringan adalah sekumpulan komputer, server, mainframe, perangkat jaringan, periferal, atau perangkat lain yang terhubung untuk memungkinkan berbagi data. Contoh jaringan adalah Internet , yang menghubungkan jutaan orang di seluruh dunia.

Apa itu Jaringan Komputer?

Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang terhubung satu sama lain untuk tujuan komunikasi data secara elektronik. Selain secara fisik menghubungkan komputer dan perangkat komunikasi, sistem jaringan memiliki fungsi penting untuk membangun arsitektur kohesif yang memungkinkan berbagai jenis peralatan untuk mentransfer informasi dengan cara yang hampir mulus (seamless).

Definisi Router

Router adalah perangkat internetworking baik fisik ataupun virtual, yang dirancang untuk menerima, menganalisis, dan meneruskan paket data antar jaringan komputer. Sebuah router memeriksa alamat IP tujuan dari paket data yang diberikan, dan menggunakan tabel header dan forwarding untuk memutuskan cara terbaik untuk mentransfer paket. 

Ada beberapa perusahaan populer yang mengembangkan router; seperti Cisco , 3Com , HP , Juniper , D-Link , Nortel , dll.

Kegunaan dan Fungsi Router

Berikut ini beberapa kegunaan dan fungsi Router dalam jaringan komputer yang penting untuk Anda ketahui.

Sebuah router menganalisis alamat IP tujuan dari header paket yang diberikan dan membandingkannya dengan tabel routing untuk memutuskan jalur paket berikutnya. Daftar tabel perutean kemudian memberikan arahan untuk mentransfer data ke tujuan jaringan tertentu. Mereka memiliki seperangkat aturan yang menghitung jalur terbaik untuk meneruskan data ke alamat IP yang diberikan.

Router menggunakan modem seperti modem kabel, fiber optic, atau DSL untuk memungkinkan komunikasi antara perangkat lain dan internet. Sebagian besar router memiliki beberapa port untuk menghubungkan perangkat yang berbeda ke internet secara bersamaan. Ini menggunakan tabel perutean untuk menentukan ke mana harus mengirim data dan dari mana lalu lintas datang.

Beberapa poin penting terkait router antara lain adalah:

  • Router digunakan di lingkungan LAN (Local Area Network) dan WAN (Wide Area Network). Misalnya, digunakan di kantor untuk konektivitas, dan Anda juga dapat membuat koneksi antara jaringan yang jauh,
  • Router berbagi informasi dengan router lain dalam jaringan,
  • Router menggunakan protokol perutean (routing) untuk mentransfer data melalui jaringan,
  • Router lebih mahal dibandingkan perangkat jaringan lain seperti switch dan hub.

Manfaat, Kelebihan dan Keuntungan Menggunakan Router

Ada begitu banyak manfaat dari router, yang mana beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Keamanan: Router menyediakan keamanan, karena LAN bekerja dalam mode siaran. Informasi ditransmisikan melalui jaringan dan melintasi seluruh sistem kabel. Meskipun data tersedia untuk setiap stasiun, tetapi stasiun yang dituju membaca data tersebut.
  • Peningkatan kinerja: Router meningkatkan kinerja dalam jaringan individu. Misalnya, jika suatu jaringan memiliki 14 stasiun kerja, dan semuanya menghasilkan volume lalu lintas yang kira-kira sama. Lalu lintas dari 14 stasiun kerja berjalan melalui kabel yang sama dalam satu jaringan. Tetapi jika jaringan dibagi menjadi dua sub-jaringan yang masing-masing memiliki 7 stasiun kerja, maka beban lalu lintas berkurang menjadi setengahnya. Karena masing-masing jaringan memiliki server dan hard disk sendiri, maka lebih sedikit PC yang memerlukan sistem pemasangan kabel jaringan.
  • Keandalan: Router memberikan keandalan. Jika satu jaringan mati saat server berhenti, atau ada kerusakan pada kabel, maka layanan router, dan jaringan lain tidak akan terpengaruh. Router memisahkan jaringan yang terpengaruh, sedangkan jaringan yang tidak terpengaruh tetap terhubung, tanpa mengganggu pekerjaan dan kehilangan data apa pun.
  • Jangkauan Jaringan: Dalam jaringan, kabel digunakan untuk menghubungkan perangkat, tetapi panjangnya tidak boleh melebihi 1000 meter. Sebuah router dapat mengatasi keterbatasan ini dengan melakukan fungsi repeater (Regenerasi sinyal). Jangkauan fisik dapat sesuai dengan kebutuhan instalasi tertentu, selama router dip

Macam dan Jenis Router

Kemudian, apa saja macam dan jenis Router yang ada saat ini? Berikut ini akan kami berikan penjelasan lengkapnya.

1. Wireless Router: Router jenis wireless (nirkabel) digunakan untuk menawarkan konektivitas Wi-Fi ke laptop, smartphone, dan perangkat lain dengan kemampuan jaringan Wi-Fi, dan juga dapat menyediakan perutean ethernet standar untuk sejumlah kecil sistem jaringan kabel.

Router nirkabel mampu menghasilkan sinyal nirkabel di rumah atau kantor Anda, dan memungkinkan komputer untuk terhubung dengan router dalam jangkauan, dan menggunakan internet. Jika koneksi di dalam ruangan, jangkauan router nirkabel sekitar 150 kaki, dan saat koneksi di luar ruangan, maka jangkauannya hingga 300 kaki.

Selanjutnya, Anda dapat membuat router nirkabel yang lebih aman dengan kata sandi atau mendapatkan alamat IP Anda. Setelah itu, Anda dapat masuk ke perute dengan menggunakan ID pengguna dan kata sandi yang disertakan dengan perute Anda.

2. Brouter: Brouter adalah kombinasi dari bridge dan router. Hal ini memungkinkan mentransfer data antara jaringan seperti jembatan. Dan seperti router, ia juga dapat merutekan data dalam jaringan ke sistem individual. Dengan demikian, ia menggabungkan dua fungsi jembatan dan router ini dengan merutekan beberapa data yang masuk ke sistem yang benar sambil mentransfer data lain ke jaringan lain.

3. Core router: Core router atau Router inti adalah jenis router yang dapat merutekan data dalam jaringan, tetapi tidak dapat merutekan data antar jaringan. Router jenis ini adalah perangkat sistem komunikasi komputer dan tulang punggung jaringan, karena membantu menghubungkan semua perangkat jaringan. Ini digunakan oleh penyedia layanan internet (ISP), dan juga menyediakan berbagai jenis antarmuka komunikasi data yang cepat dan kuat.

4. Edge router: Edge router adalah perangkat berkapasitas lebih rendah yang ditempatkan pada batas jaringan. Hal ini memungkinkan jaringan internal untuk terhubung dengan jaringan eksternal. Ini juga disebut sebagai router akses. Perangkat ini menggunakan BGP Eksternal (Border Gateway Protocol) untuk menyediakan konektivitas dengan jaringan jarak jauh melalui internet.

Ada dua jenis router edge dalam jaringan:

  • Subscriber edge router
  • Label edge router

5. Broadband routers: Broadband routers digunakan untuk menyediakan akses internet berkecepatan tinggi ke komputer. Ini diperlukan ketika Anda terhubung ke internet melalui telepon dan menggunakan teknologi voice over IP (VOIP).

Semua router broadband memiliki opsi tiga atau empat port Ethernet untuk menghubungkan laptop dan sistem desktop. Router broadband dikonfigurasi dan disediakan oleh penyedia layanan internet (ISP). Ia juga dikenal sebagai modem broadband , modem asymmetric digital subscriber line ( ADSL ), atau digital subscriber line ( DSL ).

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan mengenai Router, yang diharapkan dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda terkait hal tersebut.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Beri dukungan kepada kami dengan cara mematikan Adblock