HardwareJaringan

Apa itu Modem dalam Jaringan Komputer?

Kali ini Computory akan jelaskan tentang apa itu Modem dalam jaringan komputer supaya Anda bisa lebih memahami tentang hal tersebut.

Sebuah jaringan adalah sekumpulan komputer, server, mainframe, perangkat jaringan, periferal, atau perangkat lain yang terhubung untuk memungkinkan berbagi data. Contoh jaringan adalah Internet , yang menghubungkan jutaan orang di seluruh dunia.

Apa itu Jaringan Komputer?

Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang terhubung satu sama lain untuk tujuan komunikasi data secara elektronik. Selain secara fisik menghubungkan komputer dan perangkat komunikasi, sistem jaringan memiliki fungsi penting untuk membangun arsitektur kohesif yang memungkinkan berbagai jenis peralatan untuk mentransfer informasi dengan cara yang hampir mulus (seamless).

Definisi Modem

Modem adalah perangkat yang bertujuan untuk mengubah sinyal data digital menjadi sinyal data analog. Perangkat modem tersebut dapat diinstal di dalam komputer di slot pengembangan yang berlaku untuk itu.

Modem itu sendiri adalah kependekan dari Modulation Demodulation.

Kegunaan dan Fungsi Modem

Berikut ini beberapa kegunaan dan fungsi Modem dalam jaringan komputer yang penting untuk Anda ketahui.

Fitur utama modem adalah sebagai berikut

  • Memiliki tingkat pengunggahan dan komunikasi yang tinggi. Modem X2 menyediakan bandwidth pengunggahan antara 28,8 hingga 56 Kbps.
  • Dapat diupgrade melalui patch perangkat lunak untuk memenuhi hampir semua standar universal.
  • Memungkinkan transfer data hilir berkecepatan tinggi dengan mengkodekan semua data hilir secara digital sementara upstream berjalan pada kecepatan konvensional 33,6 kbps.
  • Beberapa modem menggabungkan suara dan Data simultan ganda (DSVD), yaitu, mereka dapat membawa suara analog dan data komputer.
  • Dapat mendeteksi penelepon yang berasal dari nomor telepon, dan dengan demikian mereka dapat berfungsi sebagai ID penelepon.
  • Beberapa modem menyediakan fitur pesan suara tingkat lanjut, dan modem tersebut berfungsi sebagai mesin penjawab yang cerdas atau sistem informasi digital.

Tipe dan Jenis Modem

Lalu, apa saja macam dan jenis Modem yang ada saat ini? Berikut ini akan kami berikan penjelasan lengkapnya.

Jenis Modem

Biasanya ada dua jenis Modem yaitu sebagai berikut

Modem Standar

Modem standar menggunakan driver perangkat generik, dan dapat berupa driver internal dan eksternal. Modem internal tidak membutuhkan banyak struktur fisik. Mereka dapat diinstal ke dalam slot pengembangan yang kompatibel. Modem eksternal dihubungkan melalui salah satu port COM ke komputer melalui kabel yang disebut kabel null-modem.

Modem Windows

Modem windows adalah alat plug and play pribadi. Modem jenis ini membutuhkan driver perangkat tertentu yang didukung oleh kerangka kerja operasi windows agar berfungsi dengan benar.

Tipe Modem

Selain jenisnya, modem juga terdiri dari beberapa tipe. Beberapa tipe modem adalah sebagai berikut:

Modem Optik

Modem Optik menggunakan kabel optik sebagai pengganti media logam lainnya. Ini mengubah sinyal data digital menjadi pulsa cahaya yang ditransmisikan pada serat optik yang digunakan olehnya.

Modem Digital

Modem digital mengubah data digital menjadi sinyal digital. Ini memodulasi data digital pada sinyal pembawa digital untuk transmisi pada saluran transmisi digital.

Modem Akustik

Modem akustik adalah jenis modem tertentu yang dapat memasangkan handset telepon dengan perangkat yang digunakan oleh tenaga penjual keliling untuk menghubungkan telepon hotel. Ini berisi speaker dan mikrofon.

Smart Modem

Smart Modem memungkinkan kemampuan auto-dial/redial dan auto-answer. Ini berisi mikroprosesor onboard yang menggunakan set perintah Hayes AT untuk menyediakan fungsi panggilan otomatis dan penjawab otomatis.

Modem Jarak Pendek

Modem jarak pendek adalah yang ada di PC Anda di rumah. Mereka dapat mengirimkan data lebih dari 20 mil atau kurang, dan umumnya, mereka digunakan untuk menghubungkan PC di gedung atau kantor dalam area ini.

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan terkait Modem, yang diharapkan bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda terkait hal tersebut.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Beri dukungan kepada kami dengan cara mematikan Adblock