HardwareJaringanLAN

Apa itu Kabel FTP dalam Jaringan Komputer?

Penasaran dengan istilah Kabel FTP dalam jaringan komputer? Baca artikel berikut agar Anda bisa lebih memahami mengenai hal tersebut.

Sebuah jaringan adalah sekumpulan komputer, server, mainframe, perangkat jaringan, periferal, atau perangkat lain yang terhubung untuk memungkinkan berbagi data. Contoh jaringan adalah Internet , yang menghubungkan jutaan orang di seluruh dunia.

Apa itu Jaringan Komputer?

Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang terhubung satu sama lain untuk tujuan komunikasi data secara elektronik. Selain secara fisik menghubungkan komputer dan perangkat komunikasi, sistem jaringan memiliki fungsi penting untuk membangun arsitektur kohesif yang memungkinkan berbagai jenis peralatan untuk mentransfer informasi dengan cara yang hampir mulus (seamless).

Definisi Kabel FTP

Kabel FTP (Foiled Twisted Pair) adalah kabel jarngan Ethernet/LAN yang terlindung lapisan foil, yang dirancang dari kabel twisted pair atau beberapa twisted pair yang keseluruhannya dilapisi pita foil yang dililitkan di sekitar rakitan.

Kegunaan dan Fungsi Kabel FTP

Berikut ini beberapa kegunaan dan fungsi Kabel FTP dalam jaringan komputer yang penting untuk Anda ketahui.

Sama seperti kabel UTP dan kabel STP, kabel FTP juga digunakan pada jaringan komputer untuk mentransmisi data, yang juga cocok digunakan untuk kabel grounding yang membutuhkan ketahanan yang baik dibandingkan kabel yang tidak dilindungi pelapis (UTP).

Macam dan Jenis Kabel FTP

Kemudian, apa saja macam dan jenis Kabel FTP yang tersedia saat ini? Berikut ini akan kami berikan penjelasan lengkapnya.

  1. Kabel S/FTP yang menggabungkan kombinasi pelindung foil dan pelindung jalinan yang tumpang tindih.
  2. Kabel F/FTP yang merupakan pasangan foil individual dan di atas semua pelindung foil
  3. Kabel U/FTP yang merupakan pasangan berpelindung foil satu per satu tanpa menutupi semua pelindung foil.

Kesimpulan

Demikian yang bisa Computory berikan mengenai Kabel FTP, yang diharapkan dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda terkait hal tersebut.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Beri dukungan kepada kami dengan cara mematikan Adblock