Apa bedanya Hyperthreading dengan Multithreading?

hyperthreading-vs-multithreading
Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Apa bedanya antara Hyperthreading dengan Multithreading? Berikut ini akan Computory berikan penjelasan selengkapnya.

Dengan CPU Generasi ke-8 yang baru dirilis dari Intel, satu fitur hilang dari model Core i3: Hyper-Threading (HT). Sebagai contoh, Intel i3-8100 baru menampilkan 4 core fisik dan 4 thread, sedangkan generasi sebelumnya i3-7100 menampilkan 2 inti fisik dan 4 utas.

Apa itu Hyper-Threading, dan apakah bedanya dengan AMD Simultanous Multi-Threading?

Apa perbedaan antara memiliki 2-core Hyper-Threaded CPU atau 4-core CPU tanpa Hyper-Threading?

Hyperthreading (HT) vs Simultaneous Multithreading (SMT)

Apa perbedaan antara Hyper-Threading dan MultiThreading atau Simultaneous Multithreading? Pada dasarnya tidak ada bedanya. Kedua istilah tersebut menggambarkan teknologi yang sama, yang menggandakan bagian-bagian core CPU untuk membantu mempercepat tugas multi-thread.

Hyper-Threading adalah nama merek Intel untuk teknologi tersebut, sementara multi-threading secara simultan (Simultaneous Multi-Threading / SMT) adalah istilah yang lebih umum dan saat ini digunakan oleh AMD seri Ryzen.

HT / SMT tidak sebagus memiliki lebih banyak core fisik. Namun, ini adalah fitur hebat yang mempercepat CPU sambil menekan biaya produksi.

Untuk memahami HT / SMT, pertama-tama penting untuk memahami dasar-dasar cara kerja CPU.

Setiap tugas yang Anda lakukan pada PC Anda, seperti memeriksa email Anda, membutuhkan CPU Anda untuk memproses serangkaian instruksi.

Core CPU tunggal umumnya dapat memproses satu instruksi pada satu waktu. Bahkan ketika CPU dapat memproses jutaan instruksi per detik, ini membutuhkan waktu.

Tapi instruksinya tidak sama. instruksi berbeda diproses oleh berbagai bagian inti CPU.

Di sinilah Hyper-Threading dan MultiThreading simultan ikut berperan. Dengan HT dan SMT, Windows akan melihat dua core CPU. Ini adalah core virtual, yang dirancang untuk dilihat oleh sistem operasi secara individual seperti core fisik.

BACA JUGA  Berapa Sebaiknya Suhu CPU pada Komputer?

Ini memungkinkan berbagai operasi dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan proses-proses tersebut dilakukan lebih efisien oleh inti CPU.

Selama inti tidak menggunakan data yang sama untuk setiap tugas, informasi itu dapat dipecah, diantrikan dan kemudian diproses dengan cepat dengan menggunakan teknologi HT / SMT.

Kode yang dioptimalkan untuk SMT dapat berjalan hingga dua kali lebih cepat dari pada CPU normal. Kode yang tidak dioptimalkan mungkin tidak lebih cepat, dan bahkan bisa sedikit lebih lambat.

Intel vs AMD

Intel sendiri saat ini sudah tidak menggunakan lagi teknologi Hyperthreading dikarenakan alasan bisnis. Karena mereka telah memiliki produk CPU untuk setiap segmen, mulai dari yang anggarannya terbatas hingga yang selangit, mereka tidak ingin menggunakan teknologi yang bisa menaikkan performa suatu produk yang menyebabkan produk mereka yang lebih tinggi kelasnya menjadi tidak laku.

Intinya, pelanggan dipancing untuk upgrade CPU apabila mereka menginginkan spek yang lebih tinggi.

Kemudian, arsitektur Zen yang baru dari AMD adalah yang pertama bagi AMD untuk menampilkan MultiThreading yang Simultan, yang ditampilkan dalam CPU Ryzen 5, Ryzen 7 dan Threadripper mereka. Threadripper 1950X menampilkan 16 inti fisik dan 32 thread yang mengagumkan.

Sementara itu A-Series entry-level AMD dan CPU Athlon generasi baru didasarkan pada arsitektur lama dan tidak menampilkan SMT.

Kesimpulan

HT / SMT adalah fitur yang bagus, tetapi memiliki lebih banyak core fisik lebih baik daripada memiliki HT / SMT. Jadi, jika memilih antara dua CPU dengan harga yang sama, pilih satu dengan lebih banyak core fisik. Jika kebetulan memiliki HT / SMT, berarti CPU tersebut akan semakin baik kinerjanya.

Artikel Lainnya

Aksesoris Komputer dan Laptop

Link/URL di bawah merupakan link afiliasi, di mana Computory akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan mengggunakan link tersebut.

Tinggalkan Balasan