PanduanSoftwareWindows

4 Hal yang Wajib Dilakukan Sebelum Instal Ulang Windows 10

Berikut ini akan Computory jelaskan mengenai 4 hal yang harus dilakukan sebelum menginstal ulang Windows 10 supaya menambah pengetahuan dan informasi.

Ketika komputer Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya, menginstal ulang Windows terkadang merupakan satu-satunya cara untuk memperbaikinya. Misalnya, Anda tidak dapat terhubung ke Internet karena masalah driver, lupa menginstal beberapa aplikasi, kehilangan pengaturan dan konfigurasi aplikasi, dll.

Karenanya, ada beberapa hal yang perlu dilakukan dan dipersiapkan sebelum melakukan instal ulang Windows 10 sehingga proses instalasi akan berjalan lancar, dan terhindar dari berbagai kendala yang mungkin terjadi.

Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Menginstal Ulang Windows 10 ?

Lalu, apa saja hal yang wajib dilakukan sebelum Anda mulai menjalankan proses instal ulang Windows 10 pada PC/komputer yang Anda miliki? Berikut beberapa diantaranya.

Cadangkan Windows 10 dan Aplikasi yang Terinstal

Ini adalah hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika mempertimbangkan untuk menginstal ulang. Telusuri drive C: Anda dan buat cadangan atas file pribadi apa pun seperti gambar, video, dan dokumen. Terutama yang ada di folder umum seperti Desktop, Documents, Pictures, Download, dll.

 

Setelah itu, Anda perlu mencadangkan pengaturan dan data lain dari aplikasi favorit Anda. Misalnya, jika Anda menggunakan klien email Thunderbird, Anda dapat mencadangkan folder profil. Ini akan membantu Anda memulihkan aplikasi Thunderbird tanpa menambahkan semua akun email lagi secara manual.

Lalu misalnya aplikasi browser favorit seperti Chrome atau Firefox, Anda bisa meembuat cadangan secara online dengan mengaktifkan sinkronisasi dan sejenisnya.

Setiap aplikasi memiliki caranya sendiri untuk mengekspor pengaturan dan konfigurasi, jadi luangkan waktu Anda dan buat cadangan pengaturan tersebut. Karena Anda dapat dengan mudah mengimpor pengaturan dan konfigurasi tersebut hanya dengan beberapa klik, ini membantu Anda menghemat banyak waktu setelah menginstal ulang Windows.

Pastikan Anda Memiliki Semua Lisensi/Product Key dari Aplikasi

Untuk mengaktifkan beberapa perangkat lunak premium seperti Windows, Office, dll., Anda harus memiliki kunci produk (terutama kalau aplikasi yang digunakan bukan bajakan ya). Sebaiknya Anda sudah menyiapkan kunci produk tersebut sebelumnya, sehingga Anda akan dapat mengaktifkan perangkat lunak segera setelah Anda menginstalnya.

Unduh dan Siapkan Driver (jika Anda tidak memiliki akses Internet)

Saat menyiapkan instalasi Windows baru, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk terhubung secara online. Biasanya, chip Wi-Fi atau port Ethernet pada motherboard Anda akan berfungsi meskipun Anda belum menginstal driver di Windows. Biasanya ketika Anda membuka Windows, PC Anda akan secara otomatis menginstal driver untuk semua perangkat dan perangkat keras Anda yang terhubung.

Tetapi jika Anda tidak yakin apakah Anda akan memiliki akses Internet pada saat proses instal ulang Windows 10 berjalan, sebaiknya unduh driver-driver yang dibutuhkan ke USB eksternal sebelum menginstal ulang Windows 10 tersebut.

Beberapa driver utama yang harus disiapkan adalah:

  • Driver chipset, termasuk driver jaringan, audio, dan grafik terintegrasi.
  • Driver grafis (jika Anda memiliki GPU eksternal/VGA Card)
  • Driver audio (baik melalui situs laptop resmi atau Realtek)

4. Pastikan Anda Memiliki Media Instalasi Terbaru

Microsoft merilis pembaruan utama Windows 10 dua kali setahun. Jadi sebelum Anda melanjutkan untuk menginstal ulang, pastikan Anda memiliki media instalasi yang terbaru. Jika Anda tidak yakin, Anda dapat mengunduh ISO terbaru dari situs web resmi Microsoft dan ikuti petunjuk untuk membuat drive USB yang dapat di-boot (bootable), atau ikuti panduan kami mengenai cara melakukannya.

Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Windows 10 Tanpa Software Tambahan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Beri dukungan kepada kami dengan cara mematikan Adblock