Berita

Tak dapat Disepelekan, Ini 7 Tugas Penting Kasir Toko Ritel

Training yang diberikan kepada petugas kasir dengan karyawan bagian gudang, server, spg, dll sangatlah berbeda. Kasir bisa dibilang mengemban tugas yang sangat penting.

Anda mungkin saja sudah menggunakan pilihan mesin kasir terbaik, namun jika petugas kasir tidak cekatan, usaha bisa saja menurun. Apalagi Anda memiliki usaha toko ritel yang itemnya sangat banyak.

Apa saja tugas kasir yang harus dipenuhi dan bisa memajukan bisnis? Simak penjelasannya berikut.

7 Tugas Penting dari Kasir Toko Ritel agar Bisnis Lebih Maju

Para pemilik bisnis ritel baru sebaiknya selalu berhati-hati dalam memilih kasir. Karena tanggung jawab kasir bukanlah hal sepele. Anda harus mencari karyawan yang dapat dipercaya, karena kasir akan memegang peranan keuangan penjualan.

Bahkan tugas kasir tak sekedar melayani konsumen untuk bertransaksi, karena ternyata tugasnya ada segudang. Rangkaian tugas tersebut nantinya dapat memajukan bisnis ritel yang sedang dirintis.

Para calon kasir dan pemilik usaha harus tahu tugas lengkapnya berikut ini.

Memberikan Pelayanan Konsumen Soal Informasi Produk

Coba posisikan diri Anda sebagai konsumen di toko ritel. Ketika menemukan produk yang tidak memiliki keterangan harga, kasir adalah sumber informasi yang akan dituju.

Konsumen akan menanyakan kepada kasir, berapa harga dari produk tersebut. Benarkan produk tersebut memiliki diskon dan berapa harga setelah diskon. Pertanyaan ini wajib dijawab oleh kasir walaupun sedang sibuk melayani transaksi.

Jadi seorang kasir paling tidak harus hafal sebagian besar harga produk beserta dengan promonya. Kasir perlu melayani pertanyaan konsumen dengan lebih ramah.

Pandai Berhitung dalam Keadaan Apapun

Tidak pernah ada yang tahu jika tiba-tiba mati listrik di toko Anda kemudian semua sistem tidak dapat digunakan. Kasir wajib memiliki kemampuan hitung yang baik dalam kondisi apapun.

Khususnya ketika tidak ada mesin yang diandalkan maka kasir harus bisa melakukan transaksi secara manual. Kasir yang tidak cekatan sudah pasti akan gugup dan rentan melakukan kesalahan.

Menawarkan Produk atau Promo

Kasir juga harus selalu menawarkan produk-produk yang ingin di upsell dan juga menjelaskan soal promo. Coba saja lihat pada beberapa minimarket yang memiliki banyak cabang.

Sudah pasti Anda akan ditawarkan promo, produk baru atau produk apapun yang tersedia. Di sinilah penjualan cukup meningkat karena kasir akan mengingatkan konsumen akan barang yang mungkin mereka lupa beli.

Ramah, Sopan dan Selalu Senyum Kepada Konsumen

Tugas kasir yang tidak kalah penting adalah memberikan pelayanan yang memuaskan. Jadi bukan hanya spg saja yang memberikan layanan ramah, tetapi juga kasir.

Seorang kasir harus bertingkah laku baik dengan selalu tersenyum, ramah dan juga sopan kepada siapapun pelanggannya. Menyapa pelanggan, menanyakan akan menggunakan kantong belanja sendiri atau dari toko juga sangat penting.

Teliti dan Mengecek Barang serta Uang

Selain pandai berhitung, kasir juga harus teliti pada saat bekerja. Baik itu ketika mengecek barang konsumen sudah masuk ke tas belanja dan proses pembayaran. Uang tunai seringkali jadi permasalahan yang serius.

Tidak ada kembalian yang sesuai atau konsumen ingin split bill dengan tunai dan kartu. Ketelitian di sini sangat penting supaya tidak menimbulkan kerugian bagi usaha Anda.

Memberikan Laporan Harian dengan Detil

Setiap harinya kasir bertugas untuk memberikan laporan kepada supervisor. Kasir harus setor hasil penjualan beserta dengan bukti pembayaran dari kartu atau digital wallet.

Laporan harian ini harus diberikan dengan detil, nantinya akan dicocokan antara bukti real dan digital pada aplikasi kasir.

Menjaga Kebersihan Area Kasir

Kebersihan menjadi faktor penting ketika proses transaksi berlangsung. Di meja kasir dan area sekitarnya harus selalu bersih. Setiap dan sesudah bekerja, kasir harus membersihkan area kerjanya.

Tujuannya juga sebagai perawatan mesin kasir yang digunakan. Tanpa perawatan yang benar maka mesin kasir juga akan mudah rusak. Hal tersebut bisa mendatangkan kerugian bagi usaha Anda.

Baik itu memilih karyawan yang bertugas sebagai kasir beserta mesin kasir harus dilakukan dengan lebih teliti. Jika Anda membutuhkan mesin kasir, Majoo adalah pilihan terbaik yang bisa digunakan.

Majoo menyediakan mesin kasir yang lengkap dengan software terbaik untuk toko ritel Anda.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Beri dukungan kepada kami dengan cara mematikan Adblock