Sejarah

Sejarah Windows 3.1

Berikut akan Computory berikan sedikit mengenai sejarah Windows 3.1 yang merupakan salah satu OS Windows yang cukup populer di masa nya.

Windows 3.1 adalah versi pengembangan dari sistem operasi Windows 3.0 yang dirilis Microsoft pada bulan Mei 1992. Windows 3.1 menyertakan berbagai perbaikan dan peningkatan dari versi sebelumnya, termasuk dukungan untuk protokol jaringan TCP/IP, puluhan perintah-line interface yang didesain ulang, dan dukungan multimedia.

Windows 3.1 sangat populer selama masa awal era PC, yang dibuktikan dengan jumlah pemakaiannya kala itu mencapai lebih dari 20 juta kali. Windows 3.1 bekerja di atas jembatan real-mode MS-DOS dan berkomunikasi dengan DOS karena masih membutuhkan DOS untuk boot sistemnya.

OS Windows 3.1 memiliki beberapa fitur baru, termasuk tampilan yang lebih ramah pengguna, menjalankan program-program eksklusif, dan memperbolehkan pengguna untuk melihat program yang berjalan secara bersamaan.

Windows 3.1 juga memperkenalkan fitur multimedia berupa audio dan video client program, dukungan bitmap baru, dan dukungan untuk clipboard format yang canggih. Windows 3.1 juga memperkenalkan ‘Program Manager,’ yang bertanggung-jawab untuk mengelola aplikasi yang berjalan.

Proyek Windows 3.1 akhirnya dihentikan oleh Microsoft dengan dirilisnya Windows 3.11 untuk network pada tahun 1993. Seri Windows 3.1 masih menggunakan antarmuka 16-bit hingga kemudian, pada akhir 1990-an, Microsoft menyelesaikan memindahkan semua proses dari 16-bit ke 32-bit dengan dirilisnya Windows 95 dan rilis Windows NT yang berikutnya.

Pada masa kejayaannya, Windows 3.1 dianggap lebih unggul dibandingkan dengan generasi awal dari sistem Windows. OS Windows ini membuka jalan bagi tingkat yang lebih tinggi dari pertumbuhan dalam dunia teknologi, dan dapat menonjolkan banyak fitur yang masih tercermin pada sistem operasi modern hari ini.

Windows 3.1 dirilis pertama kali pada tanggal 06 April 1992, yang merupakan kelanjutan dari versi Windows sebelumnya yaitu Windows 3.0. Versi ini menjadi salah satu versi terpopuler Microsoft Windows sebelum Windows 95 dirilis.

Windows 3.1 adalah sistem operasi multitasking 16-bit yang dirancang dengan tujuan untuk meningkatkan kecepatan akses data pengguna, termasuk meningkatkan kompatibilitas antara software dan hardware. Dikarenakan fitur-fitur barunya ini, kepopuleran Windows 3.1 meningkat pesar dan menjadikannya sebagai salah satu sistem operasi yang paling sukses sepanjang masa.

Windows 3.1 membawa beberapa perbaikan dan penyempurnaan yang dibutuhkan Windows 3.0, yang termasuk antara lain dukungan untuk TrueType font, Memory Management Assistance (MMA), Open3 dan Visual Basic untuk Aplikasi (VBA). Tidak lupa, dukungan untuk Microsoft Games juga disertakan dalam paketnya yang mengenalkan kita pada game-game ‘legendaris’ seperti Solitaire dan Minesweeper.

Selain itu, Windows 3.1 juga memperkenalkan Windows Explorer, yang memungkinkan pengguna melihat file yang terorganisir secara hierarki. Fitur Explorer ini menyederhanakan proses mencari file dan folder yang tersimpan dalam komputer.

Akhir kata, Windows 3.1 adalah salah satu sistem operasi windows yang terbilang populer sepanjang masa. Meskipun sudah hampir tidak ditemukan terinstal pada saat ini, Windows 3.1 pernah selama bertahun-tahun melayani penggunanya dengan baik sebagai pemimpin dari Non-DOS Operating System.

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Beri dukungan kepada kami dengan cara mematikan Adblock