MacMacOSPanduanSoftware

4 Penyebab Trackpad Macbook Tidak Berfungsi

Berikut ini akan Computory jelaskan mengenai beberapa alasan dan penyebab Trackpad MacBook tidak berfungsi supaya menambah pengetahuan dan informasi.

Meskipun Macbook secara umum lebih tangguh dibandingkan laptop berbasis Windows dalam hal ketahanan software dan hardware, namun apabila terjadi masalah tersebut penanganannya akan lebih sulit dibandingkan pada Windows.

Trackpad pada Macbook yang tidak berfungsi adalah salah satu kendala tersebut, yang mana ada beberapa hal yang dapat menyebabkan hal itu terjadi, meskipun tidak semuanya dikarenakan kerusakan pada fisik komponen trackpad itu sendiri.

Beberapa hal yang menjadi penyebab trackpad Macbook tidak berfungsi antara lain adalah sebagai berikut:

Trackpad yang kotor

Permukaan trackpad yang sering digunakan akan sangat rentan untuk mengumpulkan debu serta kotoran, terutama kalau Anda sering menggunakan trackpad saat tangan dalam keadaan tidak bersih (berminyak, kotor, dan lain sebagainya).

Untuk mengatasinya tentunya Anda harus membersihkan trackpad menggunakan alat-alat yang sesuai, serta cairan pembersih yang aman bagi perangkat elektronik seperti Macbook dan laptop.

Koneksi Trackpad bermasalah

Apakah baru-baru ini Macbook milik Anda terjatuh atau terbentur? Bisa jadi hal itulah yang menyebabkan trackpad tidak berfungsi akibat berubahnya kalibrasi dari trackpad tersebut dan kadang menyebabkan posisi trackpad bergeser.

Untuk mengatasinya Anda bisa mencoba tekan telapak tangan Anda ke tengah trackpad selama beberapa detik untuk mengatur ulang kalibrasi. Atau, Anda dapat menekan dua dari empat sudut sekaligus.

Apabila tidak terjadi kerusakan secara fisik maka biasanya metode di atas akan dapat berhasil mengatasi trackpad tidak berfungsi.

Baterai Macbook bermasalah

Mengingat betapa ramping dan compact-nya MacBook, dapat dimengerti bahwa beberapa komponen perlu berbagi ruang sampai batas tertentu. Pada MacBook, baterai umumnyaberada tepat di bawah trackpad .

Sayangnya, ketika baterai mulai rusak, baterai bisa mengembang atau menggelembung karena ekspansi dari cairan di dalamnya. Ekspansi ini jelas akan mulai mengganggu komponen lain dan biasanya trackpad adalah korban pertama.

Pergi ke menu “Battery -> Battery Health” di System Preferences untuk melihat status kesehatan baterai.

Kendala Software dan File Sistem

Penyebab terakhir biasanya ada pada software atau file sistem yang bermasalah. Misalnya ada software dan firmware yang perlu diperbarui, kerusakan pada daftar properti (plist), atau SMC yang perlu untuk di-reset, yang mana semua hal tersebut akan dapat memengaruhi fungsi trackpad pada Macbook milik Anda.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Beri dukungan kepada kami dengan cara mematikan Adblock