Terminologi

Pengertian OCR (Optical Character Recognition) dan Manfaatnya

Pernah mendengar kata – kata OCR? Mungkin beberapa dari Anda sudah pernah mendengar salah satu kata di bidang teknologi satu ini. Ada banyak perusahaan yang bergerak di bidang kecerdasan buatan satu ini seperti contohnya adalah ABBYY OCR.

Ya Optical Character Recognition atau OCR adalah sebuah teknologi yang meningkatkan kemampuan operasional di sebuah organisasi dan bisnis secara keseluruhan. Teknologi satu ini menggunakan berbagai bahasa pemrograman dengan dataset yang sangat banyak untuk menghasilkan sebuah sistem software terpadu.

Bagaimana OCR Membantu Bisnis?

Secara garis besar OCR memberikan akses kepada sebuah perusahaan dan bisnis untuk membaca informasi dari analisis data yang tidak terstruktur. Dengan demikian perusahaan akan mampu mendapatkan data informasi dari teks yang berasal dari gambar atau foto misalnya. Setelah terkumpul akan dilakukan analisis data sehingga secara umum sebuah bisnis akan sangat mudah menyelesaikan masalah yang dihadapi para pelanggan mereka.

Sistem ini adalah sebuah taktik bisnis yang bisa membantu mengembangkan bisnis dan memberikan layanan terbaik kepada para pelanggan. Teknologi Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan yang mengumpulkan data untuk menghasilkan keputusan yang lebih cepat dan tepat. Pangsa pasar dari market OCR pada tahun tahun 2020 sendiri sudah mencapai kurang lebih 7.46 trillion dollar, dengan perkiraan perkembangan mencapai 16.7% di tahun 2021 sampai dengan 2028.

Lalu apa saja sih manfaat dari penggunaan dari OCR untuk bisnis secara garis besar? Pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membahasnya lebih lanjut melalui artikel ini. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan sebuah bisnis.

Manfaat Penggunaan OCR Dalam Sebuah Bisnis

Ada beberapa manfaat dan juga kelebihan penggunaan teknologi OCR pada sebuah bisnis.

1.    Kemudahan Akses Data Dengan Cepat

Pada sebuah bisnis yang menerapkan teknologi optical character recognition, akan dengan mudah mengakses data mereka dengan sangat cepat. Informasi ini didapatkan dari bentuk tidak terstruktur dari gambar dan disimpan di sistem untuk bisa dengan mudah ditemukan oleh bisnis.

Dengan sistem OCR yang terinstall, mencari sebuah data dari database yang besar menjadi sangatlah mudah. Para pengguna bisa langsung mencari berbagai dokumen dengan beberapa cara seperti menggunakan referensi angka, id, dan bahkan nama dokumen itu sendiri tanpa harus menyimpan data image atau gambarnya.

2.    Kemudahan Penggunaan dan Penyimpanan

Optical Character Recognition software melakukan otomasi dalam mengkonversi data gambar menjadi file text dan word yang bisa digunakan pengguna untuk memilih informasi dengan mudah. Bayangkan jika bisnis Anda memiliki data gambar yang sangat banyak, kemudian ingin mencari file tertentu tanpa OCR maka akan membutuhkan waktu yang sangat lama.

Sebagai Contoh jika kita menjalankan bisnis kabel listrik dan memiliki foto request pelanggan dari para pelanggan. Dengan gambar ini kita bisa mendapatkan insight baru produk kabel mana yang paling banyak diinginkan oleh pelanggan dengan cepat.

3.    Akurasi Lebih Dalam Interpretasi Data

Kualitas data yang disimpan oleh perusahaan dan bisnis akan meningkat berkali lipat dengan OCR terinstall. Pelanggan akan mendapatkan respon yang akurat mengenai berbagai pertanyaan mereka dengan bantuan teknologi kecerdasan buatan satu ini. Ketika memenuhi kebutuhan pelanggan pelanggan cepat maka akan memberikan kepuasan pelanggan yang lebih baik.

Di banyak kasus teknologi OCR juga bisa membantu menghasilkan data lebih akurat dengan validasi database untuk menghasilkan keamanan dan perlindungan data para penggunanya.

4.    Menghemat Waktu

Karena teknologi OCR mempersingkat kerja pencarian data dari dokumen, dengan begitu kita akan menghilangkan beberapa operasional yang sebelumnya membutuhkan banyak waktu. Dengan begitu bisnis akan menjadi lebih efektif menjalankan tugas mereka dengan sangat cepat dan akurat. Dokumen fisik yang diaplikasikan menggunakan OCR akan segera diproses oleh teknologi AI yang kemudian akan mudah digunakan oleh bisnis dan perusahaan.

Kesimpulan

Demikian adalah beberapa manfaat dari sebuah OCR untuk penggunaan bisnis dan perusahaan. Memang kebanyakan dari penggunaan OCR saat ini digunakan oleh bisnis besar yang melibatkan banyak sekali dokumen fisik dalam tugas mereka sehari – hari. Namun tidak mengurangi kemungkinan bahwa di masa depan teknologi ini akan bisa digunakan untuk bisnis UKM. Semoga informasi ini membantu ya?

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Beri dukungan kepada kami dengan cara mematikan Adblock