Apa itu Motherboard ATX ?

motherboard-atx
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Berikut ini akan Computory jelaskan mengenai Apa itu Motherboard ATX secara mendalam sehingga diharapkan akan memberikan pemahaman yang mendalam untuk anda.

Apa itu Motherboard ATX ?

Motherboard ATX adalah spesifikasi yang digunakan untuk menguraikan konfigurasi dan dimensi motherboard untuk meningkatkan standardisasi. Pertama kali dirilis pada Juli 1995 oleh Intel, ATX telah mengalami banyak revisi. Yang pertama adalah versi 2.01 pada Februari 1997, kemudian 2.03 pada Mei 2000, 2.1 pada Juni 2002, dan 2.2 pada Februari 2004.

Motherboard ATX tidak memasuki pasar sampai pertengahan 1996, ketika mereka dengan cepat mulai mengganti papan Baby-AT dalam sistem baru.

Motherboard ATX, sering disebut sebagai ATX Standar atau Full-ATX, memiliki dimensi 305 x 244 mm. Port COM, port LPT, PS / 2, dan USB dipasang langsung pada motherboard. Gambar di bawah ini adalah contoh faktor bentuk ATX.

Kelebihan Motherboard ATX

Di bawah ini adalah daftar semua kelebihan yang dimiliki motherboard ATX dibandingkan dimensi motherboard lainnya:

  1. Motherboard ATX mencakup fasilitas kontrol lanjutan, di mana program BIOS terus-menerus memeriksa suhu dan voltase CPU, kipas pendingin RPM, dll. Jika terlalu panas terjadi, PC akan mati secara otomatis.
  2. Motherboard ATX memiliki panel konektor I / O yang bertumpuk yang terpasang pada motherboard.
  3. Pada motherboard socket 7 ATX, socket telah ditempatkan lebih jauh dari slot ekspansi, yang memungkinkan papan panjang ditempatkan dengan lebih mudah.
  4. ATX 2.01 termasuk konektor catu daya internal Molex yang tunggal dan tidak dapat ditempatkan dengan tidak benar. Namun, tegangan siaga harus lebih besar dari 720 mA. Sementara konektor daya Molex memungkinkan 5v dan 3.3v untuk dihubungkan, disarankan hanya menggunakan 3.3v.
  5. Relokasi memori dan CPU memungkinkan ventilasi yang lebih baik dan pemasangan yang lebih mudah.
  6. Manajemen daya sekarang dimungkinkan dengan dukungan BIOS yang tepat.
  7. PC juga dapat dihidupkan oleh modem atau sinyal jaringan, karena catu daya dikendalikan oleh papan utama.
  8. Komputer tidak dapat dimatikan saat komputer melakukan boot. Namun, jika komputer membeku saat dihidupkan, Anda dapat mematikan komputer dengan menahan tombol daya selama lima detik.

Semoga penjelasan kami mengenai Apa itu Motherboard ATX akan dapat membantu anda lebih mengenal serta mendalami terkait topik yang kami bahas pada artikel kali ini.

Artikel Lainnya

Cari Artikel

Artikel Pilihan