Apa fungsi Sound Card pada Komputer ?

fungsi-sound-card
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Berikut ini akan Computory jelaskan mengenai Apa fungsi Sound Card secara lengkap sehingga diharapkan akan memberikan pemahaman yang mendalam untuk anda.

Fungsi Sound Card

Sound Card adalah komponen ekspansi yang digunakan di komputer untuk menerima dan mengirim audio. Sound Card dikonfigurasikan dan digunakan dengan bantuan aplikasi perangkat lunak dan driver perangkat.

Perangkat input yang terpasang untuk menerima data audio biasanya berupa mikrofon, sedangkan perangkat yang digunakan untuk mengeluarkan data audio umumnya berupa speaker atau headphone.

Sound Card atau Kartu suara mengubah data audio digital yang masuk menjadi audio analog sehingga speaker dapat memainkannya. Dalam kasus sebaliknya, kartu suara dapat mengubah data audio analog dari mikrofon menjadi data digital yang dapat disimpan di komputer dan diubah menggunakan perangkat lunak audio.

Kartu suara juga dikenal sebagai adaptor audio.

Dahulu, komputer pada awalnya hanya mampu menghasilkan bunyi beep menggunakan rentang frekuensi yang sempit. Bip ini digunakan terutama sebagai alarm peringatan.

Pertumbuhan multimedia menciptakan kebutuhan akan suara berkualitas tinggi untuk alasan profesional dan hiburan. AdLib adalah kartu suara perintis yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan ini. AdLib memungkinkan audio yang dapat diprogram, menampilkan mode 9-suara dan mode perkusi yang dapat digunakan dengan perangkat lunak komposisi AdLibs.

Pengenalan kartu suara Sound Blaster oleh Creative Labs meningkatkan kemampuan kartu suara dengan memungkinkan perekaman dan pemutaran audio digital. Untuk alasan ini, Sound Blaster dianggap sebagai pelopor kartu suara audio digital. Fungsionalitas yang meningkat ini menyebabkan evolusi multimedia dalam komputer dan aplikasi perangkat lunak, dan mengakibatkan Sound Blaster menjadi produsen kartu suara yang dominan.

Kartu suara terus berkembang baik dari segi perangkat keras dan perangkat lunak. Kartu suara modern dapat menghasilkan suara 3-D dan suara surround dengan kualitas yang semakin tinggi. Permainan komputer dan aplikasi lain sedang dikembangkan untuk memanfaatkan sepenuhnya kemampuan kartu suara yang baru.

Penggunaan kartu suara sangat luas sehingga sebagian besar produsen motherboard menawarkan kartu suara bawaan untuk komputer. Namun, pengguna tingkat lanjut umumnya lebih suka menyesuaikan menggunakan kartu ekspansi yang dipilih untuk memenuhi kebutuhan spesifik mereka daripada kartu generik bawaan.

Semoga penjelasan kami mengenai Apa fungsi Sound Card akan dapat membantu anda lebih mengenal serta mendalami terkait topik yang kami bahas pada artikel kali ini.

Artikel Lainnya

Cari Artikel

Artikel Pilihan