Fungsi dan Kegunaan Stavolt

fungsi-stavolt
Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Berikut ini Computory akan menjelaskan mengenai Fungsi dan Kegunaan Stavolt secara rinci sehingga diharapkan akan memberikan pemahaman yang mendalam untuk anda.

Apa itu Stavolt ?

Stabilizer Volt atau Stavolt adalah alat listrik yang dirancang untuk memberikan tegangan konstan ke beban di terminal outputnya, terlepas dari perubahan input atau tegangan pasokan masuk. Ini melindungi peralatan atau mesin terhadap tegangan berlebih, tegangan yang kurang, dan lonjakan tegangan lainnya.

Dengan kata lain stavolt merupakan alat yang berguna untuk memastikan tegangan listrik tetap stabil saat disalurkan ke outputnya (dalam hal ini misalnya adalah komponen-komponen PC/komputer), meskipun tegangan yang diterima dari input (listrik dari rumah, kantor, atau lokasi lainnya) tidak stabil atau berubah-ubah.

Fungsi dan Kegunaan Stavolt

Fungsi stavolt yang utama adalah untuk menstabilkan tegangan listrik yang masuk, dan kedepannya akan berguna untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada komponen-komponen yang menerima tegangan tersebut.

Apabila suatu komponen menerima tegangan berlebih (over voltage) secara terus menerus dalam waktu yang lama, maka dampaknya adalah:

  • Kerusakan permanen pada peralatan / komponen
  • Kerusakan isolasi pada belitan (windings)
  • Gangguan yang tidak diinginkan dalam beban muatan
  • Meningkatnya kerusakan kabel dan peralatan terkait
  • Mengurangi usia alat / komponen

Sementara apabila suatu komponen menerima tegangan terlalu rendah (under voltage) secara terus menerus dalam waktu yang lama, maka akan berakibat:

  • Kerusakan pada komponen
  • Komponen tidak bekerja dengan maksimal
  • Mengurangi kinerja komponen
  • Menarik arus besar yang selanjutnya menyebabkan overheating
  • Kesalahan komputasi

Karenanya penggunaan Stabilizer Volt (Stavolt) ini sangatlah penting terutama apabila lokasi anda berada di area yang pasokan listriknya kurang baik dan kurang stabil, demi terhindar dari kerusakan-kerusakan pada komponen PC / Komputer dan supaya komponen-komponen tersebut dapat bekerja secara optimal.

BACA JUGA  11 Ciri ciri Hardisk Eksternal Rusak

Semoga penjelasan kami mengenai Fungsi dan Kegunaan Stavolt akan dapat membantu anda lebih mengenal serta mendalami terkait topik yang kami berikan pada artikel kali ini.

Artikel Lainnya

Aksesoris Komputer dan Laptop

Link/URL di bawah merupakan link afiliasi, di mana Computory akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan mengggunakan link tersebut.