MacOSPanduanSoftware

3 Cara Menghentikan Program dari Startup di Mac

Berikut ini akan Computory jelaskan mengenai Cara Menghentikan Program dari Membuka pada Startup di Mac supaya menambah pengetahuan dan informasi.

Apabila Anda terganggu dikarenakan banyak aplikasi yang terbuka segera setelah Anda masuk ke Mac sehingga membuat waktu muat (loading) untuk pertama kali masuk menjadi sangat lama, pada artikel ini akan kami berikan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

Menggunakan Dock macOS

Metode pertama untuk menghentikan program agar tidak dibuka saat startup berlaku untuk jenis perangkat lunak tertentu saja. Lebih tepatnya, Anda dapat menggunakannya dengan aplikasi yang meluncurkan antarmuka mereka sepenuhnya, membuat ikon Dock aplikasi tersebut aktif. Inilah yang perlu Anda lakukan.

1. Klik kanan ikon aplikasi menggunakan MacOS Dock.

2. Menu akan muncul, jadi lanjutkan dan arahkan ke “Options”.

Item Startup Opsi Dock Mac

3. Terakhir, klik “Open at Login” supaya tidak dicentang, sehingga akan menonaktifkan opsi itu, mencegah aplikasi terbuka setiap kali Mac Anda boot.

Menggunakan System Preferences macOS

Jenis aplikasi tertentu hanya dapat meluncurkan layanannya saat dimulai. Ini berarti Anda tidak melihat seluruh antarmuka mereka, tetapi Anda mungkin melihat ikon mereka di bilah menu (misalnya). Jadi, inilah cara mencegah aplikasi tersebut dibuka pada startup sistem macOS.

1. Klik logo Apple di pojok kiri atas layar Anda. Kemudian, klik “System Preferences”.

Item Startup Preferensi Sistem Mac

2. Navigasikan ke “Users & Groups”.

3. Pilih pengguna yang ingin Anda ubah menggunakan sidebar di sebelah kiri, kemudian klik pada tab “Login Items” di bagian atas.

Item Startup Profil Pengguna Mac Antarmuka Preferensi Sistem

4. Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus dari login dan tekan tombol minus di bagian bawah daftar. Ini akan menghapus aplikasi dari daftar item login, mencegahnya diluncurkan.

Menggunakan Finder macOS

Yang ini mengharuskan Anda untuk mendalami file sistem Anda. Namun, ini juga cara yang sangat handal untuk menangani aplikasi yang sulit dimatikan dengan dua metode sebelumnya. Ikuti langkah ini:

1. Menggunakan bilah menu macOS, klik “Go”. Pastikan untuk menekan dan menahan tombol Option, sampai item “Library” muncul. Klik pada menu “Library” tersebut.

2. Temukan folder berlabel “LaunchAgents”. Untuk menghindari pencarian secara manual, tekan tombol L pada keyboard. Temukan dan buka folder “LaunchAgents” dan pastikan Anda membuka folder yang benar. (Ada banyak folder berlabel serupa.)

Item Startup Perpustakaan Folder Peluncuran Mac

3. Anda akan melihat sekelompok file “PLIST”. Masing-masing terhubung ke program tertentu yang berjalan pada startup macOS Anda. File-file ini bisa memiliki nama yang sangat panjang, jadi klik dua kali pada salah satu dari itu (klik dua kali sambil membuat jeda kecil di antara klik) untuk menampilkan nama lengkapnya.

Item Startup Mac Memindahkan File Ke Sampah

4. Identifikasi aplikasi yang Anda cari. Hapus file itu dengan menyeretnya ke Sampah. Atau, Anda dapat mengeklik kanan file itu dan memilih “Move to trash”.

Hanya gunakan metode terakhir ini apabila Anda mengerti apa yang Anda lakukan, karena apabila ada kesalahan dalam melakukan metode ini malah bisa mengacaukan sistem MacOS milik Anda.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Beri dukungan kepada kami dengan cara mematikan Adblock