LinuxPanduanSoftware

Cara Menggunakan File Host di Linux

Berikut ini akan Computory jelaskan mengenai Cara Menggunakan File Host di Linux supaya menambah pengetahuan dan informasi.

Di Linux, dan sistem berbasis Unix lainnya, termasuk BSD dan Mac OS X, File host ini akan terletak di “/ etc / hosts”, dan bekerja dengan cara yang sama seperti di Windows.

File Host Linux

File host awalnya melakukan peran yang sama dengan DNS: mencocokkan alamat IP dengan nama host. Ini bekerja dengan baik pada saat asal mula Internet, di mana hanya ada beberapa host. Administrator sistem akan mengunduh salinan file dari sumber pusat yang memiliki daftar host yang dikenal.

Pada awal 1980-an, hal itu mulai menjadi berat, dan kebutuhan akan sistem yang lebih fleksibel pun semakin meningkat. DNS dengan cepat menjadi solusinya, karena terdesentralisasi dan didistribusikan di antara banyak mesin di Internet.

“/ Etc / hosts” yang lama dan sederhana masih ada, dan kadang-kadang masih bergun. File ini bagus jika Anda hanya ingin mengelola jaringan rumah atau kantor kecil, sehingga tidak perlu menyiapkan server DNS sendiri.

Mendapatkan Izin

File “/ etc / hosts” adalah milik superuser, jadi Anda harus menggunakan “sudo” untuk dapat memodifikasinya, asalkan sistem Anda memilikinya. Jika tidak, Anda bisa menggunakan “su” dan mengeluarkan perintah seolah-olah Anda root.

Seperti halnya file sistem penting lainnya, sebaiknya buat salinannya terlebih dahulu sebagai cadangan. Kemudian jika ada yang salah, Anda dapat menyalin cadangan Anda di atasnya dan Anda akan kembali normal.

Berikut cara membuat backup:

Namun, Anda dapat memanggil file tersebut sesuka Anda. Ini hanya file ASCII biasa. Dan berbicara tentang file ASCII biasa, Anda akan mengedit / etc / hosts di editor teks favorit Anda, misalnya Emacs.

linux-hosts

Alternatifnya, Anda juga bisa menggunakan

untuk mengedit file di terminal Anda.

Formatnya juga hampir persis sama pada sistem mirip Unix seperti pada Windows.

Mengedit File Host

Misalnya, berikut cara memblokir situs web Facebook dari komputer Anda:

Dan untuk membuat jalan pintas pribadi:

Jika Anda ingin mencari alamat IP situs pada Linux, Anda dapat menggunakan utilitas “nslookup”, seperti yang Anda lakukan dengan windows. Sebenarnya, banyak dari utilitas Internet ini pertama kali muncul di Unix dan akhirnya juga digunakan oleh Windows.

Jika Anda menginginkan informasi yang lebih detail tentang nama domain, Anda dapat menggunakan perintah ini:

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Beri dukungan kepada kami dengan cara mematikan Adblock