Cara Mengambil Screenshot Dengan Kursor Mouse di Mac

Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Telah dilbaca sebanyak: 4 views

Berikut ini akan Computory jelaskan mengenai Cara Mengambil Screenshot Dengan Kursor Mouse di Mac guna menambah pengetahuan dan informasi.

Dibandingkan dengan sistem operasi lain, macOS hadir dengan alat yang lugas, namun kuat, untuk mengambil tangkapan layar. Tidak peduli apakah Anda ingin mengambil foto atau video dari layar komputer Anda, aplikasi Screenshot bawaan akan memenuhi kebutuhan Anda.

Namun, pengaturan defaultnya tidak menyertakan kursor mouse saat mengambil layar. Jika fitur ini penting bagi Anda, cari tahu cara mengambil tangkapan layar dengan kursor mouse di Mac Anda.

Ambil Screenshot melalui Aplikasi Preview

Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa aplikasi Preview tidak hanya digunakan untuk melihat gambar. Itu juga dilengkapi dengan fungsionalitas menangkap tangkapan layar (yang dapat menyertakan kursor mouse Anda juga). Inilah yang perlu Anda lakukan.

1. Luncurkan aplikasi Preview di Mac Anda. Anda bisa menggunakan Command + Space pintasan keyboard untuk meluncurkan Pencarian Spotlight, lalu ketik Preview untuk membuka aplikasi.

Menangkap Tangkapan Layar Kursor Pratinjau Mac Pencarian Spotlight

2. Saat Preview diluncurkan, klik menu File dan pilih “Take Screenshot”. Sebuah opsi akan terbuka di mana Anda perlu mengklik “From Entire Screen.”

Menangkap Tangkapan Layar Aplikasi Pratinjau Mac

3. Hitung mundur sekarang akan dimulai, memberi Anda banyak waktu untuk memosisikan kursor di tempat yang Anda inginkan. Tunggu hingga hitungan mundur selesai, yang akan membuka tangkapan layar baru Anda di aplikasi Preview, memungkinkan Anda untuk memeriksa hasilnya.

4. Sebelum Anda dapat membagikan tangkapan layar baru Anda, Anda harus menyimpannya ke komputer Anda. Arahkan ke “File -> Save” atau gunakan Command + S pintasan keyboard. Jendela baru akan terbuka, memungkinkan Anda menambahkan nama, tag, dan lokasi, serta memilih format tangkapan layar baru Anda. Setelah selesai, klik tombol Simpan untuk menyimpan gambar ke komputer Anda.

Menangkap Screenshot Kursor Mac Preview File Saving

Ambil Screenshot melalui Aplikasi

Aplikasi Screenshot yang baru didesain ulang (tersedia di macOS Big Sur) hadir dengan cara yang lebih mudah untuk mengambil screenshot dengan penunjuk mouse terlihat.

1. Luncurkan aplikasi Screenshot yang terletak di folder “Applications -> Utilities”, tetapi Anda juga dapat menekan Shift + Command + 5 untuk meluncurkannya. Cara lainnya, Anda dapat menekan Command + Space, ketik “Screenshot”, dan tekan Enter.

Menangkap Screenshot Kursor Mac Spotlight Search Screenshot App

2. Ini akan mengarahkan ke bilah menu tembus pandang yang muncul di bagian bawah layar Anda. Itu menunjukkan bahwa aplikasi Screenshot aktif.

Menangkap Tangkapan Layar Kursor Aplikasi Tangkapan Layar Mac

3. Sebelum Anda mulai mengambil screenshot, Anda harus terlebih dahulu menginstruksikan aplikasi untuk tidak menyembunyikan kursor mouse Anda. Klik Opsi dan menu akan muncul. Pastikan untuk memilih “Show Mouse Pointer”. Kotak centang kecil akan muncul di sisi kiri.

Menangkap Screenshot Kursor Mac Big Sur

4. Anda akan bebas saat ini untuk mengambil screenshot Anda. Untuk hasil terbaik, sebaiknya ambil tangkapan layar dari seluruh layar Anda dengan mengeklik ikon pertama di sebelah kiri. Namun, Anda juga dapat mempercepat proses ini dengan menekan Command + Shift + 3.

BACA JUGA  5 Cara Setting Router Wifi di Rumah atau Kantor

Artikel Terkait

Aksesoris Komputer dan Laptop

Link/URL di bawah merupakan link afiliasi, di mana Computory akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan mengggunakan link tersebut.

0 0 votes
Article Rating

Tinggalkan Balasan

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments