JaringanLinuxSoftwareWifi

Cara Memperbaiki WiFi Tidak Berfungsi di Linux

Berikut ini akan Computory jelaskan mengenai Cara Memperbaiki WiFi Tidak Berfungsi di Linux supaya menambah pengetahuan dan informasi.

Salah satu tantangan besar yang cenderung dihadapi pengguna dengan Linux adalah Wi-Fi. Driver Wi-Fi sering kali tidak disertakan dalam kernel, dan akibatnya, ada banyak masalah yang membuat modul Wi-Fi non-Intel berfungsi dengan baik di Linux. Di sini kami membahas apa yang terjadi ketika Wi-Fi tidak berfungsi di Linux dan cara memperbaikinya.

Masalah Wi-Fi Perangkat Keras vs. Perangkat Lunak

Masalah koneksi Wi-Fi dapat berupa masalah perangkat keras atau perangkat lunak. Masalah perangkat keras relatif mudah didiagnosis – yang harus Anda lakukan adalah membuka terminal dan memasukkan perintah berikut:

Linux Wifi Tidak Bekerja Ping Localhost

Ini adalah cara sederhana untuk memeriksa apakah perangkat keras fisik Anda berfungsi. localhost berfungsi sebagai alamat untuk memeriksa sirkuit untuk NIC Anda. Jika ini tidak berhasil, Anda mungkin perlu menyelesaikan beberapa pekerjaan pada perangkat keras, baik oleh Anda sendiri atau dari orang lain.

Jika ping itu kembali bersih atau Anda bahkan tidak melihat kartu Wi-Fi Anda, kemungkinan Anda memiliki masalah perangkat lunak.

Instal Driver dari Ubuntu ISO

Jika distro Anda sama sekali tidak mendeteksi jaringan Wi-Fi Anda, atau jika Anda mendapatkan kesalahan, maka Anda dapat mencoba menginstal atau menginstal ulang driver Wi-Fi dari file ISO Ubuntu. Pertama, Anda perlu unduh ISO Ubuntu sesuai dengan versi Ubuntu Anda.

Tempatkan ISO Ubuntu ke direktori Home di Ubuntu. Kemudian di Terminal, masukkan urutan perintah berikut untuk memasang ISO Ubuntu ke drive virtual:

Pergi ke “Software & Updates” dari dashboard, lalu di jendela baru, centang “CDrom with [your distro name and version] kotak ”dan masukkan sandi Anda jika diminta.

Klik tab “Driver Tambahan”, lalu pilih opsi “Adaptor Jaringan Nirkabel” dan klik “Terapkan Perubahan”.

Masalah Satu: Wifi Tidak Terdeteksi

Jika perangkat nirkabel tidak terdeteksi oleh Ubuntu (atau distro apa pun), maka Anda perlu mengakses Terminal dan mengetik perintah berikut:

jika Anda menggunakan dongle / kartu nirkabel USB plug-in dan

Linux Wifi Tidak Berfungsi Lsusb

jika Anda memiliki kartu nirkabel internal.

Jika respon dari perintah ini kembali dengan keluaran yang mirip dengan gambar di bawah, maka Anda beruntung: Ubuntu dapat menemukan kartunya. Biasanya diidentifikasikan dengan “Pengontrol Jaringan” atau “Pengontrol Ethernet”.

Di masa lalu, banyak distribusi Linux mengalami kesulitan menemukan kartu nirkabel. Untungnya, dukungan menjadi jauh lebih baik, jadi sekarang ini adalah contoh yang langka.

Perintah Tambahan

Anda juga dapat menggunakan perintah berikut untuk menguji apakah mesin dapat melihat perangkat nirkabel; pengguna mungkin perlu menginstal lshw di mesin mereka terlebih dahulu.

Wifi Linux Tidak Berfungsi Lshw

Outputnya akan terlihat seperti ini:

Jika ini masalahnya, dan sistem menemukan kartu nirkabel, Anda dapat melanjutkan untuk menginstal driver / modul seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Masalah Kedua: Modul Driver WiFi Hilang

Jalankan perintah lsusb dan lspci , asalkan distro Linux Anda dapat melihat kartu wifi, Anda dapat berasumsi bahwa firmware berfungsi, hanya saja sistem tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan kartu tersebut. Di sinilah dibutuhkan driver atau modul.

Kembali ke terminal dan ketik perintah berikut:

Anda akan melihat daftar modul yang digunakan. Untuk mengaktifkan modul Anda, ketik perintah berikut di mana “nama modul” adalah nama chipset Anda.

Misalnya, jika chipset nirkabel Anda adalah “RT2870”, itu akan menjadi sebagai berikut:

Modprobe Wifi Linux Tidak Berfungsi

Setelah ini, jalankan lsmod perintah lagi untuk melihat apakah telah dimuat dengan benar.

Memuat Modul WiFi Secara Otomatis saat Boot

Ini jarang terjadi, tetapi terkadang modul tidak dapat dimuat saat boot. Dalam hal ini, Anda dapat memaksanya memuat secara permanen. Masukkan perintah di bawah ini ke Terminal:

Editor teks nano akan terbuka. Tambahkan nama modul Anda di bagian bawah dan simpan file. Anda perlu melakukan boot ulang dan memeriksa untuk melihat apakah kartu nirkabel sekarang dapat melihat jaringan untuk memungkinkan Anda terhubung seperti biasa.

Jika Anda macet, ulangi prosesnya. Untungnya, Ubuntu memiliki beberapa halaman bantuan yang berguna di dalamnya dokumentasi online yang juga bisa Anda baca. Selain itu, Anda dapat menggunakan bantuan bawaan di dalam terminal dengan memasukkan:

Masalah Tiga: DNS

DNS jarang menjadi masalah; Namun, ada baiknya menyelidiki jika Anda masih mengalami masalah koneksi. Dari Terminal, ketik perintah berikut untuk menilai dari mana DNS berasal:

Ini akan menunjukkan kepada Anda alamat LAN dari router. Jika tidak berhasil, Anda mungkin harus mengubah “wlan1” menjadi apa pun yang digunakan nirkabel Anda. Perintah berikut juga dapat digunakan untuk mengambil penunjukan:

Setelah Anda memiliki informasi ini, metode Anda selanjutnya adalah melakukan ping ke alamat LAN router Anda. Jika berhasil, coba ping server DNS Google:

Dengan hasil ini, Anda dapat menentukan di mana letak masalah DNS. Jika semua perangkat di dalam rumah atau kantor Anda memberikan kesalahan pemuatan halaman, ubah DNS router ke Google atau server DNS Terbuka. Anda harus berkonsultasi dengan pabrikan router Anda tentang cara melakukan ini, tetapi umumnya dilakukan di dalam halaman admin, paling sering dengan masuk ke 192.168.0.1 atau serupa.

Jika masalah DNS Anda hanya untuk Ubuntu, ikuti langkah-langkah berikut dengan menggunakan GUI Manajer Jaringan:

  • Klik kanan pada Manajer Jaringan.
  • Edit Koneksi.
  • Pilih koneksi Wi-Fi yang dimaksud.
  • Pilih Pengaturan IPv4.
  • Ubah Metode ke Alamat DHCP Saja.
  • Tambahkan 8.8.8.8, 8.8.4.4 ke dalam kotak server DNS. Ingat koma yang memisahkan IP dan jangan tinggalkan spasi.
  • Simpan, lalu Tutup.

Sebagai langkah terakhir, mulai ulang mesin Anda atau mulai ulang Manajer Jaringan dari Terminal:

Masalah Empat: Tidak Ada Network Manager

Katakanlah Anda telah menghapus Network Manager atau mencopotnya secara tidak sengaja. Ini adalah situasi yang sangat merepotkan: Anda tidak memiliki Internet dan tidak ada Network Manager, tetapi ada hal-hal yang dapat Anda lakukan.

Dengan asumsi paket masih dalam cache Anda, Anda dapat pergi ke Terminal dan masuk:

Jika Anda telah menghapus cache ini, maka Anda dapat menggunakan kabel Ethernet untuk menghubungkan dengan menghubungkannya ke port Ethernet Anda dan menjalankan perintah di atas lagi.

Sebagai langkah terakhir, jika tidak ada yang berhasil, Anda perlu mengedit file konfigurasi Anda. Saya memilih gedit sebagai editor teks, tetapi Anda dapat menggunakan pilihan yang Anda sukai dan mengubah perintah.

Ubah menjadi sebagai berikut:

Kemudian Anda dapat memulai ulang antarmuka dengan memasukkan kode di bawah ini:

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Beri dukungan kepada kami dengan cara mematikan Adblock