LinuxPanduanSoftware

4 Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak di Linux

Berikut ini akan Computory jelaskan mengenai Cara Memperbaiki Flashdisk yang Rusak di Linux supaya menambah pengetahuan dan informasi.

Setiap orang memiliki Flashdisk yang mudah dibawa dan juga membuat pemindahan data menjadi mudah. Namun, terkadang Flashdisk bisa rusak atau berhenti bekerja. Untungnya, jika Anda menggunakan Linux, Anda sudah memiliki akses ke berbagai alat yang dapat membantu Anda memperbaiki masalah.

Pada artikel ini, Computory akan menjelaskan mengenai bagaimana cara memperbaiki Flashdisk yang rusak dengan menggunakan fitur-fitur yang tersedia pada Linux.

Cara Backup Keseluruhan Data Flashdisk

Di Linux, ada banyak alat untuk melakukan backup pada perangkat penyimpanan apa pun. Namun, pendekatan yang telah dicoba dan diuji bergantung pada dd dan GunZip (lebih dikenal sebagai gzip).

1. Untuk membuat cadangan Flashdisk Anda, hubungkan dulu Flashdisk ke komputer. Jalankan terminal favorit Anda (atau tekan CTRL+Alt+T).

2. Temukan Flashdisk (pada contoh gambar di bawah, nama flashdisk adalah usb-INTENSO_USB_907A10000040-0:0 dan usb-INTENSO_USB_907A10000040-0:0-part1)  :

Perbaiki Usb Di Linux Daftar Disk Menurut Id

4. Untuk mencadangkan file-file yang ada pada Flashdisk ke file yang dikompresi ke dalam ZIP dalam satu perintah, gunakan:

Perbaiki Usb Di Linux Dd Backup To Img Gz
pada contoh ini, nama file kompresi (BACKUP_NAME.img.gz) yang digunakan adalah flashback.img.gz dan USERNAME adalah ducklord, sementara nama flashdisk (YOUR_FLASH_DRIVE) ditulis sebagai usb-INTENSO_USB_907A10000040-0\:0

5. Untuk memulihkan cadangan (ekstrak), Anda harus membalik urutan dua perintah dan menetapkan Flashdisk Anda sebagai perangkat output. Perintah lengkapnya adalah seperti ini:

Perbaiki Usb Di Linux Dd Kembali Ke Usb Drive

Perbaiki Filesystem yang Rusak dengan FSCK

Setelah konten Flashdisk dicadangkan, inilah saatnya untuk mencoba memperbaikinya. Untuk itu, Anda bisa beralih ke fsck. Alat ini sangat bagus untuk menghapus blok file yang buruk, karena sebagian besar (jika tidak semua) data yang rusak dan tidak terbaca berasal dari masalah seperti ini.

Untuk perintah ini, Anda harus menentukan partisi, bukan drive penuh. Anda akan menemukannya dengan nama yang mirip dengan perangkat Anda dengan mengeluarkan:

Lalu jalankanfsck dengan perintah:
Perbaiki Usb Di Linux Fsck Perbaiki Disk
YOUR_FLASH_DRIVE-PARTITION-TO-CHECK ditulis sebagai usb-INTENSO_USB_907A10000040-0\:0-part1

Dalam perintah ini:

  • sudo fsck menjalankan alat perbaikan dengan hak administratif.
  • -v memberitahukannya untuk menunjukkan kepada kami informasi rinci tentang persidangan.
  • -a menyatakan kami ingin secara otomatis mencoba memperbaiki kesalahan yang ditemukannya.
  • /dev/disk… adalah partisi yang akan diperiksa kesalahannya.

Format Drive USB dengan Fdisk / MKFS dari Terminal

Jika fsck tidak berhasil memperbaiki sistem file perangkat, Anda dapat mencoba memformatnya untuk digunakan seolah-olah baru.

1. Langkah pertama adalah menghapus semua struktur sistem file yang ada dan membuatnya kembali dari awal. Kamu bisa memakai fdisk untuk ini. Jalankan dengan sudo di perangkat Anda dengan:

Perbaikan Usb Di Linux Jalankan Fdisk Pada Disk

2. Tekan o diikuti dengan Enter untuk membuat tabel partisi DOS baru di atasnya agar drive USB Anda dapat dibaca di mana-mana. Jika Anda hanya ingin menggunakannya di komputer dan OS modern, Anda dapat mengganti o dengan g untuk membuat tabel partisi GPT baru.

3. Tekan n diikuti oleh Enter untuk membuat partisi baru, lalu p untuk menjadikannya yang utama. Jika Anda dulu e dari pada p, ini akan dibuat sebagai partisi perluasan, tetapi tidak ada gunanya melakukannya jika Anda tidak berencana membuat lebih dari tiga partisi pada drive. Kemudian, Anda cukup menekan Enter ketika ditanya tentang nomor partisi, sektor pertama dan terakhir, untuk menerima default dan memiliki partisi menjangkau seluruh drive USB.

Perbaiki Usb Di Linux Fdisk Buat Partisi

4. Tekan p lalu Enter untuk memeriksa struktur penyimpanan baru di drive USB Anda. Lalu tekan w diikuti oleh Enter untuk menulis perubahan ke drive USB dan keluar dari fdisk.

Perbaiki Usb Di Partisi Daftar Fdisk Linux

5. Partisi Anda tidak akan diformat, dan karena belum memiliki sistem file, maka partisi tersebut tidak dapat digunakan. Untuk membuat sistem file, Anda dapat menggunakan salah satu alat mkfs yang disertakan dengan semua distribusi Linux modern.

Untuk memformat partisi Anda sebagai FAT32, gunakan:

Perbaiki Usb Di Linux Mkfs Fat

6. Untuk memformat partisi Anda dengan format NTFS, untuk digunakan dengan versi Windows modern, atau dengan EXT4, untuk digunakan hanya dengan Linux, gunakan:

atau

Perbaiki Usb Di Linux Mkfs Ntfs

Menggunakan Menu DISK

Jika Anda tidak suka mengetik perintah, Anda dapat beralih ke Disk Tool untuk memeriksa dan memformat drive USB Anda. Disk sudah diinstal sebelumnya di Ubuntu.

1. Kunjungi menu aplikasi Anda dan cari “disk”. Luncurkan aplikasi saat Anda menemukannya.

Perbaiki Usb Di Linux Cari Disk

2. Pilih drive USB Anda dari daftar di sebelah kiri dan klik ikon dengan dua roda penggerak. Pilih “Repair Filesystem” dan ikuti langkah-langkah wizard untuk memperbaiki sistem file.

3. Dalam contoh ini, masalah yang terjadi bukanlah masalah perangkat keras tetapi dengan kerusakan sistem file. Meskipun masalah jenis ini tidak dapat diperbaiki, kita dapat memformat ulang drive USB kami dan terus menggunakan Flashdisk tersebut.

Untuk melakukannya, pilih drive USB, klik ikon dengan dua roda gerigi lagi dan pilih “Format Partition …”

Perbaiki Usb Di Partisi Format Disk Linux

4. Masukkan nama untuk Flashdisk Anda di bidang Volume Name dan pilih dari tiga sistem file yang paling populer:

  • Ext4 untuk digunakan dengan Linux
  • NTFS untuk digunakan dengan versi Windows modern
  • FAT untuk digunakan dengan keduanya, serta jenis perangkat lainnya (dari smartphone hingga konsol game seperti PS3 atau PS4)
Perbaiki Usb Di Opsi Format Disk Linux

5. Jangan centang opsi “Erase” untuk format cepat. atau centang untuk format lengkap yang akan sepenuhnya menghapus konten perangkat Anda. Saat berhadapan dengan perangkat yang rusak yang juga dapat memiliki beberapa blok buruk, lebih baik menggunakan opsi format penuh.

Perbaiki Usb Di Disk Linux Hapus Penuh Diaktifkan

Sekarang Anda telah memperbaiki Flashdisk Anda yang rusak, dan Anda dapat menggunakannya lagi seperti baru.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Beri dukungan kepada kami dengan cara mematikan Adblock