PanduanSoftwareWindows

Cara Membuat Shortcut Aplikasi dan Situs dengan AutoHotKey

Berikut ini akan Computory jelaskan mengenai Cara Membuat Pintasan Khusus Aplikasi dan Situs dengan AutoHotKey supaya menambah pengetahuan dan informasi.

Shortcit atau Pintasan memungkinkan kita menjadi jauh lebih produktif dengan komputer kita. Dengan menekan kombinasi tombol, kita akan memiliki akses cepat ke fungsi yang biasanya harus di cari di toolbar, menu, dan submenu.

Namun, tidak semua aplikasi dilengkapi dengan tombol pintas atau shortcut.

Dalam tutorial ini, Computory akan jelaskan cara menggunakan AutoHotKey untuk menulis skrip sederhana untuk mengaktifkan shortcut yang berbeda tergantung pada nama jendela aktif. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah membuat pintasan keyboard untuk hampir setiap aplikasi.

Membuat skrip dasar

Jika Anda belum menginstal AutoHotKey, unduh penginstal dan menginstalnya di komputer Windows Anda.

Pintasan Khusus Aplikasi Dengan Unduh Ahk

Buka pengelola file favorit Anda dan buat folder untuk menyimpan skrip kunci otomatis Anda. Saat berada di dalam folder, klik kanan dan pilih “New -> AutoHotKey Script”, lalu beri nama skrip Anda.

Pintasan Khusus Aplikasi Dengan Ahk New Script

Klik kanan pada skrip Anda dan pilih “Edit”.

Pintasan Khusus Aplikasi Dengan Ahk Edit Script

Skrip AHK Anda sudah terisi sebelumnya dengan beberapa entri yang direkomendasikan. Biarkan mereka apa adanya. Tekan Enter dua atau tiga kali untuk menyisakan ruang di antara keduanya dan skrip Anda.

Pintasan Khusus Aplikasi Dengan Entri Default Ahk

Masukkan pernyataan if berikut yang akan membuat aturan dasar kita.

“#If” kedua menandai akhir pernyataan if kita. “TYPE FILENAME” adalah placeholder untuk nilai yang akan kita lihat selanjutnya.

Dapatkan ID Jendela dengan Window Spy

Mari kita lihat cara menambahkan fungsi kustom ke skrip kita yang hanya akan aktif di halaman Make Tech Easier.

1. Tambahkan berikut ini ke skrip Anda:

Pintasan Khusus Aplikasi Dengan Ahk If Jenis Nama

2. Simpan perubahan dan jalankan skrip Anda dengan mengklik dua kali di atasnya. Anda akan melihat kotak pesan kecil muncul. Begitulah cara Anda membuat dialog dasar di AHK.

Namun, kami menggunakannya karena kami memerlukan skrip AHK yang aktif untuk akses mudah ke Spy Window AutoHotKey. Jadi, biarkan kotak pesan ini aktif untuk saat ini dan alihkan perhatian Anda ke ikon AHK di baki Windows.

Pintasan Khusus Aplikasi Dengan Ahk Selesai Messagebox

3. Klik kanan pada ikon hijau kecil AHK dan pilih Window Spy dari menunya.

Pintasan Khusus Aplikasi Dengan Ahk Window Spy

4. Jalankan browser favorit Anda dan kunjungi Make Tech Easier. Perhatikan bagian atas informasi di Window Spy akan menampilkan detail tentang jendela aktif. Anda memerlukan “ahk_class,” “ahk_exe,” atau “ahk_pid” untuk menargetkan aplikasi tertentu. Mari kita gunakan “ahk_exe” untuk skrip kita. Karena kami menggunakan Firefox, Window Spy melaporkan “ahk_exe firefox.exe”.

Pintasan Khusus Aplikasi Dengan Id Jendela Aktif Ahk

5. Salin ahk_exe dan nama yang dapat dieksekusi dalam satu sapuan, lalu kembali ke skrip Anda. Ubah sehingga berbunyi:

Ganti “NAME” dengan bagian dari judul halaman aktif – dalam kasus kami, kami menggunakan “make” dari Make Tech Easier. Ganti “TYPE FILENAME” dengan apa yang Anda salin sebelumnya dari Window Spy – dalam kasus kami, “ahk_exe firefox.exe.”

Tambahkan Pintasan

Menambahkan m:: sebelum “Msgbox, Selesai?” Skrip Anda akan terlihat seperti ini:

Pintasan Khusus Aplikasi Dengan Target Jendela Ahk Ditentukan

Tidak ada yang akan terjadi jika Anda menjalankan kembali skrip Anda dan menekan m di keyboard Anda. Namun, kunjungi Jadikan Teknologi Lebih Mudah dengan Firefox, tekan m lagi, dan kotak pesan yang sudah dikenal akan muncul. Anda baru saja membuat pintasan khusus jendela!

Pintasan Khusus Aplikasi Dengan Ahk Messagebox Dengan Target Jendela Aktif

Mari kita ubah kotak pesan menjadi sesuatu yang berguna. Ganti semuanya di antara “jika” menjadi:

Jalankan kembali skrip Anda. Lalu, coba tinggalkan komentar di bawah postingan di Make Tech Easier. Jika Anda menekan Ctrl + B, Anda akan melihat “Saya baru saja menyalin X” muncul di kotak balasan, di mana “X” adalah hal terakhir yang Anda salin ke papan klip. Anda baru saja memetakan ulang Ctrl + B untuk mengirim string “I just copied”, diikuti dengan konten clipboard. Jangan ragu untuk mengubahnya menjadi apa pun yang Anda inginkan.

Pintasan Khusus Aplikasi Dengan Pintasan Khusus Ahk Mte

AutoHotKey menggunakan simbol berikut untuk membuat pintasan dengan kunci yang setara:

  • # untuk Windows
  • ^ untuk Kontrol
  • ! untuk Alt
  • + untuk Shift

Anda juga dapat menggunakan simbol-simbol ini dengan perintah Send, yang mengirimkan string teks ke jendela aktif. Anda dapat menggunakannya untuk memetakan ulang pintasan yang ada ke kunci yang berbeda. Misalnya, untuk memetakan ulang Windows + B agar berfungsi sebagai “Ctrl + C”, Anda dapat mengubah skrip menjadi:

Anda juga dapat menentukan beberapa pintasan. Namun, Anda tidak dapat menambahkan dua fungsi ke kombinasi tombol yang sama kecuali jika keduanya berada dalam pernyataan if yang menargetkan jendela berbeda.

Untuk membuat pintasan untuk berbagai aplikasi dan jendela:

  • Salin skrip Anda dan ganti namanya sesuai.
  • Ganti “NAME” dan “TYPE FILENAME” dengan yang cocok dengan aplikasi atau jendela lain.
  • Masukkan pintasan, aturan perluasan teks, dan fungsi Anda seperti yang kita lihat untuk skrip pertama.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Beri dukungan kepada kami dengan cara mematikan Adblock