Cara Boot ke UEFI BIOS Langsung dari Windows 10

Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Telah dilbaca sebanyak: 9 views

Berikut ini akan Computory jelaskan mengenai Cara Boot ke UEFI Langsung dari Windows 10 supaya menambah pengetahuan dan informasi.

Jika Anda ingin mengubah prioritas boot, mengaktifkan atau menonaktifkan boot aman atau mengubah pengaturan level rendah lainnya, Anda perlu boot ke mode UEFI.

Tergantung pada pabrikan motherboard yang digunakan, Anda harus menekan tombol tertentu atau kombinasi tombol pada keyboard Anda untuk mengakses mode UEFI. Meskipun layar splash menampilkan tombol yang perlu Anda tekan, ini bisa sangat membingungkan bagi pemula.

Jika Anda pernah berada dalam situasi ini, Anda dapat boot ke mode UEFI langsung dari Windows. Ini menghilangkan kebutuhan untuk menekan tombol yang relevan secepat mungkin saat boot.

Proses boot ke UEFI dari Windows tidaklah sulit. Namun, Anda hanya dapat melakukan ini jika motherboard Anda mendukung atau memiliki chip UEFI. Jika motherboard Anda tidak mendukung UEFI, Anda tidak dapat melakukan boot ke UEFI dari Windows. Karena itu, sebagian besar motherboard modern dilengkapi dengan chip UEFI dan mendukung UEFI dan BIOS lama.

Jika Anda tidak tahu atau tidak yakin apakah motherboard Anda mendukung UEFI atau tidak, Anda dapat dengan mudah memverifikasinya langsung dari Windows.

Periksa Apakah Sistem Anda Mendukung UEFI atau Legacy BIOS

Ada beberapa cara untuk memeriksa apakah Anda menggunakan UEFI atau BIOS.

Windows menampilkan semua informasi sistem dalam satu aplikasi yang disebut Informasi Sistem. Dengan mengakses aplikasi Informasi Sistem, Anda dapat mengetahui apakah Anda menggunakan BIOS atau UEFI.

1. Tekan Win + R, Ketikkanmsinfo32 dan tekan Enter. Tindakan ini akan membuka aplikasi Informasi Sistem.

2. Pilih “System Summary” di panel kiri. Di panel kanan Anda dapat melihat apakah Anda menggunakan BIOS atau UEFI di samping “Mode BIOS”. Jika Anda melihat UEFI, berarti sistem Anda menggunakan bios UEFI. Jika Anda melihat “Legacy”, berarti sistem Anda menggunakan Legacy BIOS.

BACA JUGA  Windows, MacOS, atau Linux, Pilih yang Mana ?
uefi-bios-win10-msinfo32-bios-mode

Atau, Anda juga dapat menemukannya menggunakan alat Manajemen Disk.

1. Buka menu Start dan cari “Periksa dan format partisi hard disk” dan buka. Jangan khawatir, kami tidak akan mempartisi atau memformat hard drive Anda.

2. Jika Anda melihat partisi bernama “Sehat (Partisi Sistem EFI)”, berarti sistem Anda mendukung UEFI. Jika Anda tidak memiliki partisi ini, maka sistem Anda menggunakan Legacy BIOS.

uefi-bios-win10-disk-management-efi-partition

Setelah Anda mengonfirmasi dukungan motherboard Anda untuk UEFI, lanjutkan ke langkah selanjutnya untuk mem-boot ke UEFI langsung dari Windows 10.

Boot ke UEFI dari Aplikasi Settings

Untuk mem-boot ke UEFI dari panel Pengaturan, kita akan menggunakan opsi Start-up Lanjutan.

1. Cari “Pengaturan” di menu Start dan buka. Buka “Perbarui dan Keamanan -> Pemulihan,” dan klik tombol “Mulai Ulang Sekarang” di bawah bagian Memulai Lanjutan.

uefi-bios-win10-advanced-startup-restart-button

2. Di layar pengaktifan Lanjutan, buka “Pemecahan Masalah -> Opsi lanjutan”, dan klik opsi “Pengaturan Firmware UEFI”.

uefi-bios-win10-pilih-uefi-firmware-pengaturan

3. Pada layar berikutnya, klik tombol Restart, dan Anda akan dibawa ke layar UEFI.

Boot ke UEFI dari Command Prompt

Anda juga dapat melakukan booting ke UEFI dari Windows dengan menjalankan satu perintah.

1. Cari Command Prompt di Start Menu, klik kanan padanya dan pilih opsi “Run as administrator”.

2. Di command prompt, jalankan perintah di bawah ini:

uefi-bios-win10-mengeksekusi-perintah

3. Windows akan menampilkan pesan peringatan yang mengatakan bahwa sistem akan restart dalam waktu kurang dari satu menit.

Tutup pesan peringatan dan simpan semua pekerjaan Anda. Sistem akan secara otomatis restart dan boot ke mode UEFI.

Artikel Terkait

Aksesoris Komputer dan Laptop

Link/URL di bawah merupakan link afiliasi, di mana Computory akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan mengggunakan link tersebut.

0 0 votes
Article Rating

Tinggalkan Balasan

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments