Apa itu Topologi Hybrid dalam Jaringan Komputer?

Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Berikut ini akan Computory jelaskan mengenai apa itu Topologi Hybrid dalam jaringan komputer? Disertai dengan contoh gambar beserta kelebihan dan kekurangannya.

Topologi sendiri merupakan cabang ilmu dari Matematika, yang dikembangkan dari konsep Geometri dan teori himpunan, yang membahas tentang tata ruang yang tidak berubah dalam deformasi dwikontinu (yaitu ruang yang dapat ditekuk, dilipat, disusut, direntangkan, dan dipilin, tetapi tidak diperkenankan untuk dipotong, dirobek, ditusuk atau dilekatkan).

Apa itu Topologi Jaringan Komputer?

Istilah ini digunakan pada jaringan komputer dikarenakan perlunya untuk menyederhanakan bentuk dari suatu jaringan ke dalam suatu bentuk tertentu, yang meskipun pada kenyataannya tidak sesederhana itu tetapi memiliki konsep bentuk yang serupa.

Topologi jaringan komputer adalah suatu metode yang digunakan untuk menghubungkan dua komputer atau lebih, berdasarkan pertimbangan-pertimbangan seperti biaya, skala, dan kebutuhan dari dibentuknya jaringan itu sendiri, yang bentuknya akan mengacu pada bentuk geometris di dalam ilmu topologi.

Apa itu Topologi Hybrid dalam Jaringan Komputer?

Topologi Hybrid adalah kombinasi lebih dari dua topologi. Topologi ini akan mewarisi kelebihan dan kekurangan topologi yang disertakan.

Topologi jaringan hybrid mencakup campuran topologi bus, topologi mesh, topologi cincin, topologi bintang, dan topologi pohon. Kombinasi topologi tergantung pada kebutuhan perusahaan.

Misalnya, jika ada topologi Mesh di satu departemen kantor sementara topologi Ring di departemen lain, menghubungkan keduanya dengan topologi bus akan menghasilkan topologi Hibrid.

Kombinasi jaringan Star-Ring dan Star-Bus adalah contoh paling umum dari topologi jaringan hybrid.

Jenis Topologi Hybrid

Ada berbagai jenis topologi jaringan hybrid tergantung pada persyaratan atau kebutuhan dasar dari suatu organisasi tetapi yang paling umum digunakan adalah topologi Star-Ring dan Star-Bus yang membentuk hybrid.

Jenis Topologi Star-Ring

Informasi dari topologi bintang yang diberikan mencapai simpul penghubung dalam topologi cincin utama dan data dapat mengalir baik secara bidirectional atau searah.

BACA JUGA  Apa itu Motherboard ATX ?

Topologi cincin uni-directional dapat mentransfer data dalam arah searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam. dengan demikian, topologi cincin uni-arah adalah setengah-dupleks, sedangkan topologi cincin dua arah dapat mentransfer dan menerima data pada saat yang sama. Dengan demikian, topologi dering dua arah dapat disebut jaringan full-duplex.

Jenis Topologi Star-Bus

Topologi Star-Bus adalah kombinasi dari topologi jaringan bintang dan topologi jaringan bus, dalam jaringan Star-Bus, satu set topologi bintang saling terhubung oleh jaringan bus pusat. Menggabungkan setiap topologi bintang ke topologi bus menghasilkan topologi Star-Bus.

Kelebihan Topologi Hybrid

  1. Jaringan hybrid menggabungkan manfaat dari berbagai jenis topologi
  2. Dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan
  3. Sangat fleksibel.
  4. Sangat bisa diandalkan.
  5. Mudah terukur

Kekurangan Topologi Hybrid

  1. Mahal
  2. Desain jaringan hybrid sangat kompleks.
  3. Diperlukan perubahan perangkat keras untuk menghubungkan topologi ke topologi lain.

Artikel Lainnya

Aksesoris Komputer dan Laptop

Link/URL di bawah merupakan link afiliasi, di mana Computory akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan mengggunakan link tersebut.