HardwareJaringanLAN

Apa itu Kabel STP dalam Jaringan Komputer?

Berikut ini akan Computory jelaskan mengenai apa itu Kabel STP dalam jaringan komputer supaya Anda bisa lebih memahami tentang hal tersebut.

Sebuah jaringan adalah sekumpulan komputer, server, mainframe, perangkat jaringan, periferal, atau perangkat lain yang terhubung untuk memungkinkan berbagi data. Contoh jaringan adalah Internet , yang menghubungkan jutaan orang di seluruh dunia.

Apa itu Jaringan Komputer?

Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang terhubung satu sama lain untuk tujuan komunikasi data secara elektronik. Selain secara fisik menghubungkan komputer dan perangkat komunikasi, sistem jaringan memiliki fungsi penting untuk membangun arsitektur kohesif yang memungkinkan berbagai jenis peralatan untuk mentransfer informasi dengan cara yang hampir mulus (seamless).

Definisi Kabel STP

Kabel STP (Shielded Twisted Pair) adalah jenis kabel twisted pair yang berisi foil pembungkus ekstra atau jaket jalinan tembaga untuk melindungi kabel dari cacat seperti pemotongan, kehilangan bandwidth, kebisingan, dan gangguan sinyal.

Kabel STP ini adalah kabel yang biasanya digunakan di bawah tanah, dan karenanya lebih mahal daripada UTP. Mendukung tingkat transmisi data yang lebih tinggi di jarak jauh. Kabel ini memiliki selubung atau lapisan logam yang mengelilingi setiap pasangan konduktor berinsulasi untuk melindungi kabel dari pengguna eksternal dan mencegah penetrasi kebisingan elektromagnetik.

Kelebihan dan Kekurangan Kabel STP

Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan Kabel STP dalam jaringan komputer yang penting untuk Anda ketahui.

Kelebihan dari kabel STP

  1. Kabel STP memiliki noise dan redaman yang lebih rendah daripada UTP.
  2. Kabel STP terlindung dengan penutup plastik yang melindungi kabel STP dari lingkungan yang keras dan meningkatkan kecepatan transmisi data.
  3. Kabel STP mengurangi kemungkinan crosstalk dan melindungi dari gangguan eksternal.
  4. Sambungan modular membantu memutuskan sambungan kabel STP.

Kekurangan kabel STP

  1. Kabel STP lebih mahal dari kabel UTP.
  2. Kabel STP membutuhkan lebih banyak perawatan untuk mengurangi hilangnya sinyal data.
  3. Tidak ada peningkatan panjang segmen meskipun sambungannya tebal dan lebih berat.
  4. Kabel STP hanya digunakan sebagai kabel ground.

Kesimpulan

Demikian yang bisa Computory berikan tentang Kabel STP, yang diharapkan akan bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda terkait hal tersebut.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Beri dukungan kepada kami dengan cara mematikan Adblock