BeritaGaming

7 Game Android Buatan Indonesia, Cocok Dimainkan Pas Hari Kemerdekaan!

Computory.com – Momen 17 Agustus saat pandemi tentu cocok apabila kita tetap di rumah dan memainkan game di smartphone. Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi 7 game Android buatan Indonesia yang bisa kalian mainkan.

Deretan game di bawah ini mempunyai beberapa tema menarik sehingga cukup pas dimainkan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan. Memainkan game lokal tentu dapat membantu berkembangnya industri game di Tanah Air.

Beberapa game ini menawarkan bermacam-macam tema seperti pahlawan atau hero, jajanan lokal, hingga kisah romantis untuk para remaja. Berikut 7 game Android buatan Indonesia yang dapat kalian mainkan pada Hari Kemerdekaan Indonesia:

1. Diponegoro – Tower Defense

Diponegoro Tower Defense. (Play Store)Diponegoro Tower Defense. (Play Store)

 

Game Diponegoro – Tower Defense mengangkat tema pahlawan nasional Indonesia, Pangeran Diponegoro. Meski gameplay-nya sederhana, Diponegoro – Tower Defense ini tetap asyik dimainkan karena menawarkan grafik yang menawan.

Kamu akan bertindak sebagai Pangeran Diponegoro yang bisa membangun beberapa menara seperti Menara Tonggak Bambu, Panah Api, Balista, dan masih banyak menara lainnya.

Cukup menarik, game buatan Indonesia ini menyajikan peta yang menggambarkan tanah Jawa di mana kamu harus berjuang menentang kolonialisme.

2. Lokapala

Tampilan awal pada game Lokapala. (HiTekno.com)Tampilan awal pada game Lokapala. (HiTekno.com)

 

Setelah versi stabilnya dirilis pada 20 Mei 2020, Lokapala menjadi game MOBA pertama buatan Indonesia. Meski ditemukan beberapa bug ketika rilis pertama kali, namun sang developer Anantarupa Studios, rajin memberikan update untuk memperbaikinya. Sejauh ini, Lokapala telah diunduh lebih dari satu juta kali di Play Store.

Game cukup menonjolkan unsur-unsur sejarah dan kebudayaan asal Indonesia. Bahkan beberapa karakter hero diadaptasi dari para “petinggi” kerajaan Majapahit.

Terdapat hero atau Ksatriya bernama Nala (Fighter) yang berperan sebagai Laksamana Angkatan Laut dari Majapahit, yang membantu Jinno (Tanker) selaku mahapatih, serta Vijaya, sang pangeran dari Kerajaan Majapahit. Meski sebagian lain tak terlalu kental menampilkan hero atau Ksatriya asal Indonesia, game ini bisa menjadi alternatif bagi penggemar MOBA.

3. Juragan Wayang : Funny Heroes

Juragan Wayang. (Play Store)Juragan Wayang. (Play Store)

 

Tak melulu cerita yang kaku, game Juragan Wayang merupakan kombinasi dari humor pedas dan duel antar hero. Tema yang diangkat cukup konyol di mana pemain dapat menemukan puluhan karakter hingga kartu sihir dengan efek unik.

Kamu harus meningkatkan pahlawan milikmu menjadi pahlawan kuat di setiap level yang berbeda. Game ini seperti game Tower Defense namun hanya menggunakan hero dan tak memiliki tower.

Sangat menarik, kamu bahkan bisa memiliki hero dengan senjata berupa wajan hingga senjata canggih seperti milik Gundam.

4. Tahu Bulat

Game buatan Indonesia, Tahu Bulat. (Play Store)Game buatan Indonesia, Tahu Bulat. (Play Store)

 

Tahu Bulat termasuk salah satu game lokal bergenre simulasi dengan jumlah unduhan sangat tinggi yaitu lebih dari 10 juta kali. Kalian akan diminta untuk menjalankan misi sebagai pebisnis yang menjual tahu bulat.

Pemain juga bisa mengganti mobil dan melakukan kustomisasi untuk menarik pembeli. Developer asal Bandung, Own Games, rupanya berhasil mengombinasikan reputasi kelezatan tahu bulat dengan gameplay menarik dan sederhana di dalam platform permainannya.

5. Bambu Runcing

Ilustrasi game Bambu Runcing. (Play Store)Ilustrasi game Bambu Runcing. (Play Store)

 

Game Bambu Runcing merupakan game sederhana yang menawarkan cerita ketika bangsa Indonesia melawan penjajah. Seperti namanya, game ini menghadirkan bambu runcing sebagai senjata utama melawan karakter antagonis berupa penjajah.

Game berjenis edukasi buatan Playground SMK Telkom Malang menyediakan senjata berupa keris yang dapat dilempar dan bambu runcing yang dapat ditusukkan.

Sangat menarik, setiap chapter diberikan komik yang menceritakan perjuangan melawan penjajah di beberapa wilayah Indonesia.

6. Tak Gentar

Game Tak Gentar. (Play Store)Game Tak Gentar. (Play Store)

 

Game ini menawarkan pemain untuk mempertahankan Indonesia menghindari serangan dari bangsa asing. Tak Gentar menghadirkan beberapa perang populer yang pernah terjadi di Indonesia seperti Serangan Umum Satu Maret, Serangan 10 November, Pertempuran Bandung Lautan Api dan lainnya.

Game bergenre strategi ini juga sarat dengan sisi edukasi meski gameplay-nya sangat sederhana

7. EDDA Cafe

Tampilan EDDA Cafe Visual Novel. (Mushroomallow Studio, tangkapan layar HiTekno)Tampilan EDDA Cafe Visual Novel. (Mushroomallow Studio, tangkapan layar HiTekno)

 

EDDA Cafe Visual Novel adalah game buatan Indonesia yang dirilis pada Maret 2021 di Play Store. Tak melulu bertema pahlawan seperti deretan game di atas, EDDA Cafe justru bisa membuat kalian baper saat menjelajahi alur cerita di dalam game.

Bagi kalian dengan hati yang cukup mellow, mungkin alur cerita dalam EDDA Cafe Visual Novel bisa membuat kalian terenyuh. Game ini membuat kita mengenal empat karakter yaitu Mina (protagonis), Alex (kekasih Mina), Rin (sahabat Mina) dan Taku (pelayan di EDDA Cafe).

Seperti Visual Novel lain, pemain akan dihadapkan oleh beberapa pilihan untuk menentukan alur cerita ke depannya. Kalian akan diminta membaca mengenai masa lalu Mina dan menentukan apakah ia akan “move on” setelah ditinggal kekasihnya atau tidak.

Itulah tadi rekomendasi game Android buatan Indonesia yang cocok dimainkan untuk memperingati Hari Kemerdekaan, yuk dukung industri game lokal Tanah Air!

Artikel ini terbit pertama kali di HITEKNO

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Beri dukungan kepada kami dengan cara mematikan Adblock