Umum

5 Tips Belajar Bahasa Inggris Secara Mandiri

Di era sekarang, bahasa Inggris mempunyai peranan penting dalam semua aspek, seperti dunia kerja, bisnis, hingga pendidikan. Jangan heran kalau orang-orang tertarik ingin belajar bahasa Inggris secara mendalam.

Belajar bahasa Inggris sekarang bisa dari berbagai macam cara, mulai dari belajar secara online ataupun offline. Kalau kamu mencari kursus bahasa Inggris online terbaik, jangan ragu untuk menghubungi English First, ya! Ada banyak program menarik yang menantimu!

Di sisi lain, jika kamu tertarik untuk belajar secara autodidak, kamu bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini, nih!

1. Tulis kosakata yang baru diketahui

Tips efektif belajar bahasa Inggris secara autodidak yang pertama yaitu menuliskan setiap kosakata yang baru diketahui. Hal ini dilakukan guna membantumu untuk mengingat kosakata tersebut.

Siapkan buku kosong khusus menulis kosakata. Lalu, baca-baca tiap kali ada waktu luang. Jika ingin lebih optimal, praktikkan kosakata tersebut saat berbicara atau  menulis.

2. Menonton film atau YouTube bahasa Inggris

Siapa yang suka gemar nonton film atau YouTube? Kalau kamu ingin sekalian belajar bahasa Inggris, kamu bisa, lho, menonton yang bahasa Inggrisnya! Disarankan untuk mematikan subtitle supaya kamu juga melatih listening bahasa Inggris.

Cara ini dapat dilakukan dan efektif bagi kamu yang ingin belajar secara autodidak.

3. Mulai menulis dengan bahasa Inggris

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan dalam belajar bahasa Inggris secara autodidak yaitu mulai menulis segala sesuatu dengan bahasa tersebut. Misalnya, kamu menulis blog tentang keseharianmu ataupun menulis artikel dengan bahasa Inggris.

Cara ini sangat ampuh untuk mempertajam kemampuan bahasa Inggrismu, terutama dalam kepenulisan.

4. Mulai praktikkan berbicara bahasa Inggris

Langkah ini mungkin cukup sulit untuk dilakukan. Akan tetapi, kalau kamu tidak mempraktikkannya langsung, kamu tidak akan tahu seberapa besar kemampuanmu saat ini.

Oleh karena itu, praktikkan berbicara bahasa Inggris dengan teman dekatmu. Dengan demikian, kamu jadi lebih tahu mana yang harus diperbaiki.

5. Belajar secara online

Kalau kamu tertarik untuk belajar secara online, jangan ragu untuk segera mendaftarkan diri. Ada banyak sekali platform bahasa Inggris online saat ini, termasuk dari English First. Lewat pembelajaran secara online, kamu akan mendapatkan pengalaman dan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.

Itu dia lima cara yang bisa kamu lakukan guna belajar bahasa Inggris secara autodidak. Jangan ragu juga untuk bertanya kepada ahlinya, ya, jika ada kebingungan saat proses pembelajaran.

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Beri dukungan kepada kami dengan cara mematikan Adblock