Waspada, Cyberpunk 2077 Mobile Ternyata Berisi Ransomware

Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Telah dilbaca sebanyak: 6 views

Computory.com – Popularitas Cyberpunk 2077 ternyata menarik perhatian pelaku kejahatan siber untuk memanfaatkan hype. Termasuk dengan menyisipkan malware berbahaya seperti Ransomware di balik aplikasi.

Terlebih sempat muncul aplikasi Cyberpunk 2077 Mobile yang beredar. Tentu saja, bukan aplikasi atau game resmi dari CD Projekt Red yang dihadirkan ke mobile, melainkan tipu-tipu pelaku kejahatan siber.

Dikutip HiTekno.com dari Techradar, analis malware dari Kaspersky, Tatyana Shishkova menemukan sebuah situs Google Play Store palsu yang menawarkan Cyberpunk 2077 Mobile.

Namun di balik aplikasi yang ditawarkan, ternyata terpasang malware berbahaya. Yakni Ransomware bisa tertanam pada perangkat korban yang tidak menaruh curiga akan hal ini.

Karena itu, jangan sampai tertipu untuk mengunduh Cyberpunk 2077 Mobile ini. Karena bisa membahayakan perangkat kamu, terlebih Ransomware ini bisa mengunci file bahkan menghapusnya secara permanen.

Temuan ramsomware di Cyberpunk 2077 Mobile. (Twitter/ sh1shk0va)Temuan ramsomware di Cyberpunk 2077 Mobile. (Twitter/ sh1shk0va)

 

Menurut laporan, Ransomware ini memberikan peringatan kepada korban untuk memiliki waktu 10 jam untuk mengirimkan bitcoin senilai 500 dolar AS ke penyerang atau file akan hilang permanen.

Beruntung Ransomware yang dijuluki sebagai CoderWare tersebut menggunakan kunci hardcode. Dengan kata lain, untuk memulihkan file bisa menggunakan decryptor tanpa harus membayar tebusan.

Hindari untuk mengunduh Cyberpunk 2077 Mobile, karena memang CD Projekt Red sampai sekarang tidak mengembangkan game ini untuk perangkat mobile baik Android maupun iOS.

Begitu juga di PC, hanya download game ini di tempat resmi saja. Pengembang game asal Polandia ini hanya menghadirkan ke Steam, Epic Games Store, dan GOG.com saja.

Karena tidak menutup kemungkinan ada pelaku kejahatan siber yang memanfaatkan kepopuleran Cyberpunk 2077 ini. Termasuk di PC dengan tindakan serupa seperti di mobile.

BACA JUGA  Rilis Game Cyberpunk 2077 Ditunda Hingga November 2020

Itulah temuan baru pelaku kejahatan siber menyembunyikan Ransomware berbahaya di balik Cyberpunk 2077 Mobile palsu. Dan tidak ada aplikasi mobile resmi dari CD Projekt Red soal game ini.

Artikel ini terbit pertama kali di HITEKNO

Artikel Terkait

Aksesoris Komputer dan Laptop

Link/URL di bawah merupakan link afiliasi, di mana Computory akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan mengggunakan link tersebut.

0 0 votes
Article Rating

Tinggalkan Balasan

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments