Tuai Kritikan, Akhirnya Sistem Anticheat Genshin Impact PC Diperbarui

Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Computory.com – Genshin Impact telah resmi meluncur pada 28 September 2020 kemarin. Game gratis ini telah bisa dimainkan di PlayStation 4, Android, iOS, dan tentunya PC.

Terkhusus untuk versi PC, miHoYo telah menyematkan sistem anticheat untuk game action RPG open world ini. Tentunya dihadirkan untuk menjaga komunitas dari cheater.

Namun pemakaian sistem tersebut mendapatkan kritikan, bahkan sempat disangka sebagai spyware. Karena bisa membaca gerak-gerik player.

Hal ini tentu saja jadi perhatian, terlebih isu privacy atau keamanan data pribadi sedang jadi sorotan. Begitu juga untuk game gratis ini.

Beruntung miHoYo tidak tinggal diam, dan langsung dalam waktu singkat memperbarui sistem anticheat yang digunakan pada Genshin Impact versi PC.

Genshin Impact. (miHoYo)Genshin Impact. (miHoYo)

 

Lewat situs resminya, developer game asal China ini memberikan responnya dan penjelasannya pada sistem anticheat yang mereka gunakan.

Sistem yang mereka gunakan sebelumnya memang bisa berjalan di background, bahkan ketika program atau game Genshin Impact telah dimatikan.

Disebutkan, kalau sistem anticheat ini memang berjalan di background. Namun yang dibaca hanya sistem informasi saja, tidak menyimpan maupun mengirimkan data ke luar.

Kemudian, setelah menutup game gratis ini, sistem tersebut masih berjalan untuk mencegah pemakaian plug-in eksternal tertentu yang masih berpeasi saat game ditutup.

Mendengarkan masukan para pemain, miHoYo menyadari kalau mekanisme yang mereka gunakan tersebut telah menyebabkan masalah pada privasi.

Genshin Impact. (miHoYo)Genshin Impact. (miHoYo)

 

Pengembang Genshin Impact ini pun telah menyiapkan perubahan pada sistem anticheat mereka. Yang menjanjikan kalau sistem tersebut tidak akan berjalan setelah game ditutup.

Begitu juga ketika game gratis ini diuninstall, sistem keamanan tersebut juga tidak akan aktif di background.

BACA JUGA  Tampilkan Black Mamba, Demo NBA 2K21 Dirilis ke Berbagai Konsol

miHoYo pun memperkirakan butuh waktu sekitar 30 jam untuk bisa mengerjakan perubahan ini. Mereka juga menjanjikan akan memperkuat sitem anticheat untuk menjaga dari cheater.

Demi menghargai privacy player Genshin Impact, miHoYo menjanjikan tidak akan mengakses dan menggunakan informasi pribadi mereka.

Artikel ini terbit pertama kali di HITEKNO

Artikel Lainnya

Aksesoris Komputer dan Laptop

Link/URL di bawah merupakan link afiliasi, di mana Computory akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan mengggunakan link tersebut.

Tinggalkan Balasan