TikTok dan Aplikasi Asal Tiongkok diblokir di India, Tapi PUBG Mobile Tidak

pubg-diblokir-di-india
Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Kemarin Kementerian Elektronika dan Teknologi Informasi (MeitY) India memblokir 59 aplikasi asal Tiongkok, termasuk TikTok. Keputusan itu muncul karena perselisihan yang sedang berlangsung antara India dan Tiongkok di perbatasan.

Namun, banyak orang bertanya-tanya mengapa pemerintah India memutuskan untuk membiarkan PUBG Mobile meskipun fakta bahwa itu dikembangkan oleh Tencent, sebuah konglomerat Tiongkok.

Di satu sisi, fanatik PUBG Mobile merasa lega bahwa MeitY tidak melarang game battle royale gratis tersebut. Namun di sisi lain, #PUBGBAN menjadi tren di India karena banyak orang menginginkan pemerintah untuk melarang PUBG Mobile juga.

Tidak dapat disangkal fakta bahwa PUBG Mobile sangat populer di India. Jutaan remaja dan orang dewasa India kecanduan bermain game tersebut, terutama selama lockdown ini. Selain itu, mungkin ada ratusan YouTuber India yang mencari nafkah dengan membuat konten di PUBG Mobile. Jadi, bisa dimengerti mengapa tren #PUBGBAN di Twitter menakutkan bagi banyak orang, yang juga memancing munculnya meme-meme kocak.

Sementara beberapa pemain mengekspresikan ketakutan mereka terhadap #PUBGBAN melalui meme yang lucu, yang lain masih bingung tentang asal usul PUBG Mobile. Rupanya, banyak pemain berpikir bahwa PUBG Mobile tidak ikut diblokir dikarenakan pembuat game tersebut adalah perusahaan Korea Selatan dan bukan asal Tiongkok.

Ya, memang benar bahwa perusahaan Korea Selatan lah yang mengembangkan PUBG untuk PC; namun, versi seluler game, yaitu PUBG Mobile, dikembangkan oleh Tencent. Jadi, game tersebut semestinya masuk dalam kategori aplikasi Tiongkok.

Sampai sekarang, sulit untuk mengatakan mengapa PUBG Mobile lolos dari larangan tersebut. Bisa jadi MeitY tidak menduga PUBG Mobile mengambil data pengguna India seperti dugaan mereka terhadap aplikasi Tiongkok lainnya yang diblokir, atau alasannya bisa jadi sesuatu yang berbeda.

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *