Thunderbolt 4 Akan Dirilis Bersama dengan Intel Tiger Lake

thunderbolt-4-akan-rilis-bersama-intel-tiger-lake
Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Pada Kamis (8/7/2020), Intel mengumumkan spesifikasi Thunderbolt 4 dengan serangkaian perbaikan atas Thunderbolt 3. Standar baru ini akan menawarkan kecepatan yang sama hingga 40 Gbps, tetapi dirancang untuk menghilangkan beberapa kebingungan yang telah memerintah wilayah Thunderbolt 3 selama satu dekade.

Seperti yang diharapkan, Thunderbolt 4 adalah USB4-compliant dan akan memulai debutnya dengan CPU mobile Tiger Lake Intel mendatang, milik pengontrol Maple Ridge 8000 Series. Protokol baru ini juga kompatibel dengan semua perangkat dan aksesori Thunderbolt 3 dan USB 3.1 (atau lebih tinggi).

Intel mengatakan Thunderbolt 4 akan mendukung hingga dua monitor 4K atau satu monitor 8K pada 60 Hz, yang merupakan peningkatan yang diterima dari standar sebelumnya. Dan sementara Thunderbolt 3 hanya membutuhkan koneksi PCIe 16 Gbps, Thunderbolt 4 membutuhkan 32 Gbps bandwidth PCIe untuk melakukan keajaibannya dan memungkinkan kecepatan penyimpanan eksternal hingga 3.000 MB per detik.

Docking Thunderbolt 4 akan mendukung hingga empat port dalam faktor bentuk yang lebih kecil, dan Intel mengatakan PC host perlu mendukung bangun dari tidur ketika perangkat terhubung ke dermaga. Selain itu, sistem ini akan diperlukan untuk mendukung pengisian pada setidaknya satu port, yang harus meletakkan paku terakhir di peti mati untuk pengisi daya tipe barel di laptop baru.

Saat Anda membeli kabel Thunderbolt 4, hanya ada satu jenis saja, yang akan memudahkan dibandingkan berbagai standar USB yang membingungkan yang semuanya menggunakan antarmuka USB Type-C yang sama. Ada tiga panjang kabel standar 0,2 m, 0,8 m, dan 2 m yang seharusnya lebih murah dibandingkan dengan setara Thunderbolt 3. Tahun depan, kita juga akan dapat membeli kabel Thunderbolt 4 yang panjangnya 5 hingga 50 meter.

Keamanan juga telah ditingkatkan, karena Intel mengharuskan produsen yang ingin mengimplementasikan dukungan Thunderbolt 4 di PC mereka untuk juga memberikan dukungan untuk akses memori langsung berbasis VT-d. Langkah ini dilakukan setelah para ahli di komunitas keamanan telah menunjukkan betapa mudahnya entitas termotivasi untuk mengeksploitasi protokol dan mendapatkan akses penuh ke data pengguna di hampir semua PC dengan port Thunderbolt 3.

BACA JUGA  Gigabyte Aorus Liquid Cooler Mampu Dinginkan Core i9-10900K pada 5.2 GHz Dengan Mudah

Hal ini tak terhindarkan mengarah pada pertanyaan apakah Intel baru saja membuat AMD semakin sulit untuk naik kereta Thunderbolt 4. Secara teoritis, tidak ada yang menghentikan AMD untuk menghadirkan fitur setara ke VT-d dalam implementasi IOMMU-nya. Di sisi lain, AMD tampaknya lebih tertarik pada USB4, yang diharapkan menjadi lebih luas.

Akan menarik untuk melihat apakah Microsoft akhirnya akan menambahkan Thunderbolt dalam produk Surface-nya, karena keamanan adalah satu-satunya pemecah kesepakatan. Dan dengan Apple memindahkan jajaran Mac ke ARM tanpa dukungan Thunderbolt, sepertinya Thunderbolt 4 dapat melihat adopsi yang agak terbatas.

Intel mengatakan PC pertama yang menampilkan konektivitas Thunderbolt 4 adalah laptop dari varietas “Project Athena” yang ditenagai oleh CPU Lake Tiger generasi ke-11.

Artikel Lainnya

Aksesoris Komputer dan Laptop

Link/URL di bawah merupakan link afiliasi, di mana Computory akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan mengggunakan link tersebut.

Tinggalkan Balasan