Tencent Siapkan Platform Live-Streaming Untuk Saingi Twitch

tencent-trovo-bersiap-geser-twitch
Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Twitch saat ini memang mendominasi pasar live-streaming, tetapi konglomerat asal Tiongkok, Tencent, kemungkinan sedang bersiap untuk mengambil kesempatan merebut dominasi tersebut.

Laporan yang ditulis Bloomberg mengatakan bahwa Tencent telah “diam-diam menguji” platform streaming langsung yang berfokus pada perangkat seluler di AS sejak setidaknya bulan Maret, dan saat ini sedang bersiap untuk meluncurkan program kemitraan senilai $ 30 juta yang akan dimulai pada bulan Juli, melalui platform milik mereka yang dinamakan Trovo.

Trovo sendiri saat ini masih dalam pengujian beta, dan terbilang sangat kecil apabila dibandingkan dengan Twitch. Game terbesar di platform ini, Call of Duty Mobile, saat ini hanya memiliki 2.600 pengikut, sementara seluruh kategori Valorant memiliki kurang dari 200 pengikut.

Program kemitraan Trovo 500 yang mereka adakan bertujuan untuk meningkatkan angka-angka itu dengan menawarkan peningkatan insentif keuangan kepada 500 streamer di lima kategori berbeda. :

program-trovo-500
Foto: Trovo

Dengan kriteria dan insentif partisipasi sebagai berikut:

Foto: Trovo

“Kami memahami betapa sulitnya membangun kembali di platform yang sama sekali baru dan ini adalah beban yang tidak ingin Anda bawa sendiri,” kata pengumuman program kemitraan. “Trovo sangat percaya bahwa peluang monetisasi harus tersedia untuk semua streamer yang didedikasikan untuk membuat streaming langsung karier mereka dan kami berkomitmen untuk membantu mendukung kreator yang mendukung Trovo di sepanjang jalan!”

20 persen teratas di masing-masing dari lima kategori juga akan diberikan bonus berdasarkan peringkat dan tingkat pertumbuhan, dan “pencipta yang secara konsisten peringkat teratas dalam program ini dapat diundang ke tingkat khusus,” kata Trovo. Program ini juga dapat diperluas di masa mendatang untuk menghadirkan lebih banyak streamer, dan streaming multi platform juga diizinkan.

Situs web Trovo sangat mirip dengan Twitch, dan koneksi mereka dengan Tencent seakan sengaja ditutup-tutupi. Anda perlu menggali Ketentuan Akses API Trovo, di mana Bagian 21 (a) menyatakan, “Layanan Trovo ditawarkan oleh TLive LLC, afiliasi dari Tencent Holdings Limited.” Perusahaan itu sendiri berkantor pusat di Palo Alto, California, sementara kebijakan privasi Trovo di madcat.tv — Trovo awalnya bernama Madcat, menurut laporan Bloomberg — menyatakan bahwa servernya berlokasi di Hong Kong, Singapura, dan AS.

Penutupan baru-baru ini platform Microsoft Mixer, yang memberikan insentif sekitar $ 30 juta kepada Ninja kurang dari setahun yang lalu, menjadikan waktu peluncuran Trovo 500 terlihat lebih menarik. Microsoft adalah perusahaan yang jauh lebih besar daripada Tencent, tetapi Tencent bukan perusahaan yang bisa dianggap remeh, dan jauh lebih fokus pada game dan media sosial.

Dan ini bukan platform dominan pertama yang dijalankan: Pada tahun 2019 mereka meluncurkan platform kompetitor Steam ,WeGame digital storefront, di seluruh dunia, dan meskipun saat ini masih menawarkan sejumlah game yang relatif kecil, South China Morning Post melaporkan awal tahun ini bahwa platform tersebut telah mencapai sekitar 70 juta pengguna aktif bulanan.

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *