PlayStation 5 Dibongkar, Terungkap Kenapa Berukuran Besar

Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Computory.com – Setelah resmi mengungkap harga dan wujud dari PlayStation 5 atau PS5, Sony kembali membuat kejutan dengan mengunggah video membongkar konsol game baru ini.

Dalam video tersebut, diperlihatkan bagaimana konsol game ini secara detail. Dari part-part yang disertakan, hingga proses pembongkaran dalam PS5.

Melalui yang diunggah di channel YouTube PlayStation, kita bisa melihat dari stand yang memang dirancang untuk menyangga konsol game ini secara vertikal maupun horizontal.

Lalu nampak bagaimana dengan mudahnya staf Sony ini membongkar panel samping dari PlayStation 5 tersebut. Dan kita melihat sistem pendingin yang digunakan.

Dari sini pula kita bisa melihat slot M.2 yang bisa digunakan untuk upgrade SSD. Berbeda dengan Xbox Series X yang tinggal colok dari belakang.

Mainboard dan slot M.2 SSD. (Sony)Mainboard dan slot M.2 SSD. (Sony)

 

Menariknya, konsol game ini memakai sistem pendingin yang sangatlah besar. Bukan cuma kipas pendingin yang berukuran jumbo.

Namun heatsink berukuran besar, tidak ketinggalah menggunakan heatpipe dan vapor chamber. Dan sistem pendinginan liquid metal pada chip PS5.

Sony juga tidak ketinggalan memberikan lorong khusus yang didesain untuk menangkap debu-debu di dalam PlayStation 5 ini.

Kipas dan heatshink PlayStation 5. (Sony)Kipas dan heatshink PlayStation 5. (Sony)

 

Dalam video pembongkaran PlayStation 5 ini kita juga bisa melihat komponen penting lain dalam konsol game berukuran jumbo tersebut.

Terutama kostum chip dari AMD yang berisi CPU AMD Ryzen Zen 2 dan GPU RDNA 2. Di sekitarnya terdapat sistem memori atau RAM GDDR6 16 GB.

Heatshink dan liquid metal PlayStation 5. (Sonya)Heatshink dan liquid metal PlayStation 5. (Sonya)

 

Kita juga bisa melihat chip SSD sebagai memori internal konsol game ini. Yakni kostum SSD dan kontroler yang telah tertanam dalam mainboard PlayStation 5.

BACA JUGA  Kalahkan Genflix Aerowolf, Bigetron Kunci Upper Bracket MPL Season 6

Sama seperti PlayStation 4, kita bisa melihat konsol game ini memakai power supply tertanam di dalamnya. Sehingga tidak perlu adaptor besar di luar.

Lebih lengkapnya, simak video pembongkaran PlayStation 5 berikut ini.

Dari video di atas, kita bisa melihat bagaimana Sony mendesain sistem pendingin konsol game ini sangatlah besar. 

Sehingga sistem pendingin ini memakan banyak ruang di dalam body PlayStation 5. 

PlayStation 5. (Sony)PlayStation 5. (Sony)

 

Itulah bagaimana jika PlayStation 5 dibongkar, kita bisa melihat kenapa konsol game ini memiliki ukuran yang sangatlah besar.

Artikel ini terbit pertama kali di HITEKNO

Artikel Lainnya

Aksesoris Komputer dan Laptop

Link/URL di bawah merupakan link afiliasi, di mana Computory akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan mengggunakan link tersebut.

Tinggalkan Balasan