Driver Vulkan Terbaru Untuk Raspberry Pi Sukses Tingkatkan Performa Gaming

driver-vulkan-untuk-raspberry-pi
Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Awal tahun ini, Yayasan Raspberry Pi bergabung dengan Igalia untuk memulai pengembangan pada driver grafis Vulkan yang open source untuk Raspberry Pi. Namun, Martin Thomas, seorang pengembang di Nvidia, berhasil mendahului mereka.

Thomas mengumumkan kemarin melalui Twitter pribadinya bahwa Driver RPi-VK-nya siap untuk diluncurkan. Ia sendiri telah memodifikasi driver Vulkan di waktu luangnya selama lebih dari dua tahun.

Secara teknis, iterasi Thomas bukanlah driver Vulkan yang sebenarnya, karena tidak sesuai dengan standar resmi yang ditetapkan oleh The Khronos Group. Meskipun demikian, pengembang yang banyak akal ini berhasil membuat driver yang mematuhi parameter Vulkan sebanyak mungkin, dan sedekat yang akan diperbolehkan oleh Raspberry Pi.

Tetapi, ada satu batasan dengan Driver-RPK-VK buatan Thomas. Berbeda dengan driver Vulkan resmi yang masih dalam pengerjaan, versi Thomas hanya kompatibel dengan GPU Broadcom VideoCore IV yang ditemukan di dalam perangkat Raspberry Pi 1, 2, 3 dan Zero.

Thomas memamerkan kekuatan Driver-RPK-VK-nya dengan Raspberry Pi 3 Model B + dan game Quake III Arena. GPU Broadcom VideoCore IV, yang clocknya adalah pada 250 MHz, menjalankan Quake di lebih dari 100 FPS pada resolusi 1.280 x 720. Thomas memperkirakan bahwa Raspberry Pi 3 Model B kemungkinan akan menghasilkan sekitar 70 FPS pada resolusi 1.920 x 1.080 karena keterbatasan perangkat keras.

Dibandingkan dengan driver OpenGL, Thomas menegaskan bahwa RPi-VK-Driver-nya menawarkan peningkatan manajemen memori, dan lebih baik dalam menangani pengiriman perintah multi-threaded. Atribut pengemudi lainnya termasuk dukungan MSAA (multisample anti-aliasing), shader perakitan tingkat rendah dan penghitung kinerja.

Apabila Anda memiliki Raspberry Pi antara seri 0-3 dan ingin mencoba driver buatan Thomas tersebut, silahkan unduh di sini.

Artikel Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *