MacMacOSPanduanSoftware

Cara Menjadwalkan Dark Mode agar Berjalan Secara Otomatis Malam Hari di macOS

Berikut ini akan Computory jelaskan mengenai Cara Menjadwalkan Dark Mode agar Berjalan Secara Otomatis Malam Hari di macOS supaya menambah pengetahuan dan informasi.

Baik iOS dan macOS memiliki Dark Mode bawaan yang lebih enak dilihat. Saat diaktifkan, sistem operasi menggunakan palet warna yang lebih gelap untuk semua layar, menu, dan kontrol. Untuk membantu konten latar depan menonjol dengan latar belakang yang lebih gelap ini, sistem akan menggunakan nada yang lebih cerah untuk konten latar depan jika memungkinkan.

Jika menurut Anda Dark Mode dapat membuat malam Anda lebih menyenangkan, Anda dapat menjadwalkan Dark Mode untuk aktif secara otomatis di malam hari. Berikut akan Computory jelaskan cara melakukannya di iOS dan macOS.

Jadwalkan Dark Mode di macOS

Dark Mode tersedia di macOS Mojave dan versi yang lebih tinggi, termasuk macOS Catalina. Dengan asumsi Anda menjalankan versi terbaru macOS, Anda dapat menjadwalkan Mac untuk beralih tema secara otomatis saat matahari terbenam dan matahari terbit.

Fitur ini menggunakan lokasi Anda untuk menentukan kapan siang berubah menjadi malam di bagian dunia Anda, jadi Anda harus memberi macOS akses ke informasi ini saat mengaktifkan Dark Mode otomatis.

Untuk menjadwalkan Dark Mode:

1. Pilih ikon “Apple” di toolbar Mac Anda.

2. Navigasikan ke “System Preferences -> General”.

3. Di Appearance, pilih “Auto”.

Anda dapat mengaktifkan Mode Gelap secara otomatis saat matahari terbenam, di Preferensi Sistem macOS.

Mac Anda sekarang akan beralih ke Dark Mode secara otomatis di malam hari dan kembali ke Light Mode saat fajar.

Atau, Anda dapat menjadwalkan Dark Mode untuk waktu tertentu. Ini dapat berguna jika macOS tidak melakukan penjadwalan dengan benar, atau jika Anda memiliki definisi berbeda tentang kapan siang berubah menjadi malam. Misalnya, Anda mungkin ingin Dark Mode bertepatan dengan akhir hari kerja Anda.

Anda dapat menjadwalkan Dark Mode untuk waktu tertentu menggunakan aplikasi pihak ketiga Nightowl. Aplikasi ini menambahkan ikon burung hantu ke bilah alat Mac Anda.
Anda dapat menjadwalkan Mode Gelap untuk waktu tertentu, menggunakan aplikasi NightOwl.

Anda dapat mengaktifkan Dark Mode kapan saja dengan mengklik ikon ini, lalu memilih “Gelap”. Atau, Anda dapat menjadwalkan Dark Mode untuk aktif secara otomatis saat matahari terbenam dengan memilih “Matahari Terbit / Matahari Terbenam”.

Namun, jika Anda ingin kontrol penuh, Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk menjadwalkan Dark Mode untuk waktu tertentu dengan memilih kotak centang “Terjadwal”. Anda kemudian dapat memilih momen yang tepat ketika macOS harus beralih antara Dark Mode dan Light Mode.

Jadwalkan Dark Mode di iOS

Aktifkan Dark Mode di iPhone Anda secara manual dengan meluncurkan aplikasi “Settings” dan menavigasi ke “Display & Brightness”, lalu ketuk “Dark”.

Anda dapat menjadwalkan Mode Gelap di iPhone atau iPad Anda.

Selain itu, aktifkan Dark Mode dengan cepat dan mudah dari Control Center ponsel Anda. Cukup seret dari bagian bawah layar, lalu tekan dan tahan kontrol “Brightness”.

Anda dapat mengaktifkan Mode Gelap di Pusat Kontrol iOS.

Sekarang Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan Dark Mode dengan satu ketukan tombol.

Anda dapat mengaktifkan Mode Gelap, di Panel Kontrol iOS.

Metode ini bagus digunakan untuk beralih cepat antara Light Mode dan Dark Mode, tetapi jika Anda mengaktifkan Dark Mode pada waktu yang sama setiap hari, mengapa tidak mengotomatiskan prosesnya?

Anda dapat menjadwalkan Dark Mode dengan meluncurkan aplikasi “Settings” pada perangkat Anda. Anda kemudian dapat memilih “Display & Brightness” dan mengetuk “Automatic”. Berikutnya Anda dapat mengetuk item “Options” .

Perangkat iOS Anda dapat beralih antara Mode Gelap dan Terang.

Anda memiliki dua opsi: jadwalkan Dark Mode untuk aktif secara otomatis saat matahari terbenam atau buat jadwal khusus. Jika Anda mengetuk “Custom Schedule”, Anda akan diminta untuk memilih waktu saat iOS akan mengaktifkan Dark Mode.

Anda dapat membuat jadwal khusus untuk tema Apple iOS Anda.

Cukup masukkan waktu dan selesai! Sistem operasi iOS sekarang akan beralih ke skema warna yang lebih gelap berdasarkan jadwal yang Anda tentukan.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Terdeteksi

Beri dukungan kepada kami dengan cara mematikan Adblock