Cara Memperbarui Driver VGA NVIDIA

Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Telah dilbaca sebanyak: 13 views

Berikut ini akan Computory jelaskan mengenai Cara Memperbarui Driver VGA NVIDIA Anda supaya menambah pengetahuan dan informasi.

NVIDIA adalah salah satu chipset grafis paling populer di pasaran. Namun, untuk mendapatkan hasil maksimal dari chipset, Anda harus memastikan untuk memperbarui driver grafis NVIDIA.

Pembaruan terkini seringkali menghadirkan perbaikan bug serta fitur-fitur baru untuk mengoptimalkan kinerja kartu grafis. Selain itu, menjaga driver grafis NVIDIA selalu terbaru juga memastikan bahwa driver tersebut akan kompatibel dengan periferal terbaru Anda.

Persiapan

Sebelum memulai, sangatlah penting untuk mengetahui nomor model kartu grafis NVIDIA yang terpasang di desktop atau laptop Anda. Untuk mengetahui tentang nomor model, Anda perlu membuka kotak dialog Run, enter dxdiag dan tekan Enter.

Pembaruan Driver Nvidia Diagnostik Dx

Sebuah “DirectX Diagnostic Tool” akan terbuka. Selanjutnya buka tab “Display 2” apabila komputer memiliki VGA Card internal yang terintegrasi.

Versi Pembaruan Driver Nvidia

Setelah mengetahui detail tentang driver grafis NVIDIA yang diinstal pada PC, barulah anda bisa untuk memulai proses update driver NVidia tersebut.

Perbarui driver NVIDIA secara manual

Yang ini prosesnya agak panjang. Jika Anda ingin memperbarui driver grafis NVIDIA secara manual, Anda perlu mengunjungi situs web resmi mereka dan mengunduh driver terbaru.

1. Unduh Driver NVIDIA GeForce terbaru. Pilih salah satu antara dua opsi: Automatic Driver Updates dan Manual Driver Search. Anda perlu mengalihkan fokus Anda ke opsi kedua untuk metode ini.

Manual Pembaruan Driver Nvidia

2. Lakukan pencarian driver secara manual dengan memasukkan semua detail yang ditanya tentang driver NVIDIA yang diinstal pada PC Anda. Jika Anda tidak menemukan driver untuk kartu grafis NVIDIA , Anda dapat pergi sini, yang menampilkan driver untuk setiap kartu grafis.

Pencarian Manual

Hasilnya akan menunjukkan kepada Anda driver terbaru dan terbaik yang tersedia untuk chipset grafis NVIDIA yang diinstal pada PC Anda. Tekan tombol Unduh dan instal di PC Anda untuk kinerja grafis NVIDIA yang optimal. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang pembaruan di bawah bagian “Rilis Sorotan”.

Pembaruan Driver Nvidia Terbaru

Perbarui driver NVIDIA menggunakan GeForce Experience

Untuk mempermudah, NVIDIA memiliki perangkat lunak GeForce Experience yang dimaksudkan untuk melengkapi driver NVIDIA Anda. Ini adalah alat all-in-one yang memungkinkan Anda merekam video, mengambil tangkapan layar, melakukan streaming langsung, dan memperbarui driver NVIDIA.

  1. Unduh GeForce Experience dengan mengunjungi situs webnya sini. Setelah aplikasi diinstal, luncurkan.
Nvidia Geforce Experience Login

2. Anda akan diminta untuk masuk atau mendaftar untuk melanjutkan. Ada beberapa opsi, seperti masuk menggunakan Google, Facebook, WeChat, atau QQ. Setelah masuk, buka tab Driver di dalam alat dan tekan tombol “CHECK FOT UPDATES” yang akan menginstal driver grafis NVIDIA terbaru di PC Anda.

Perbarui Driver

Perbarui menggunakan Pembaruan Windows

Seringkali, NVIDIA membundel pembaruannya dengan Pembaruan Windows, jadi selalu lebih baik untuk selalu memperbarui PC Windows Anda setiap kali pemberitahuan pembaruan baru muncul.

BACA JUGA  17 Langkah Cara Memasang VGA Card pada Motherboard

Anda dapat memeriksa pembaruan Windows dengan membuka “Pengaturan -> Pembaruan & Keamanan -> Pembaruan Windows”.

Pembaruan Windows 1

Perbarui menggunakan DDU (Display Driver Uninstaller)

Terima kasih kepada Wagnard dan timnya untuk mengembangkan perangkat lunak DDU. DDU adalah singkatan dari Display Driver Uninstaller. Ini pada dasarnya membantu Anda sepenuhnya menghapus driver grafis AMD (ATI), NVIDIA dan Intel, dan driver audio Realtek dari sistem Anda. Perangkat lunak ini tidak meninggalkan sisa makanan.

Logo Ddu

File yang tersisa, seperti kunci registri, folder, file, dan penyimpanan driver, dapat menyebabkan masalah kompatibilitas, mengurangi kinerja GPU, dan banyak lagi. Lebih baik menyediakan driver grafis Anda dengan batu tulis yang bersih.

Namun, sebelum menggunakan DDU, pastikan Anda telah mengunduh driver untuk kartu grafis NVIDIA Anda sesuai dengan konfigurasi GPU dan OS Anda. Setelah selesai, unduh DDU di PC Anda dengan mengklik sini.

Jika Anda menggunakan Windows 10, putuskan sambungan PC Anda dari Internet. Ini dilakukan untuk mencegah Windows mengunduh driver GPU secara otomatis.

Ekstrak dan instal DDU. Buka alat tersebut, dan alih-alih hanya mengklik tombol hapus, lihat opsi tentang cara DDU menghapus driver.

Opsi Ddu

Setelah melalui opsi dan menyesuaikannya sesuai keinginan Anda, Anda perlu menutup jendela dan pergi ke jendela rumah DDU. Dari menu drop-down, pilih driver yang ingin Anda hapus.

Nvidia Hapus Ddu

Di sisi kiri antarmuka DDU, Anda akan melihat beberapa opsi:

  • Bersihkan dan mulai ulang akan menghapus semua driver GPU dan me-reboot PC Anda.
  • Bersihkan dan JANGAN restart berguna saat Anda ingin menghapus beberapa driver GPU dari PC Anda.
  • Bersihkan dan matikan akan menghapus driver GPU dan mematikan PC Anda.
Tiga Opsi

Pilih salah satu opsi yang Anda inginkan dan biarkan perangkat lunak yang bekerja. Perhatikan bahwa layar Anda mungkin menjadi hitam untuk beberapa waktu saat DDU menghapus driver, jadi itu normal. Untuk info lebih rinci, Anda bisa pergi sini.

BACA JUGA  5 Software Video Editing Gratis Untuk Mac

Sekarang, setelah semua yang terkait dengan driver grafis Anda dihapus, cukup instal driver yang Anda unduh secara manual.

Artikel Terkait

Aksesoris Komputer dan Laptop

Link/URL di bawah merupakan link afiliasi, di mana Computory akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan mengggunakan link tersebut.

0 0 votes
Article Rating

Tinggalkan Balasan

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments