Apa itu Wireless Adapter? Definisi dan Fungsinya

apa-itu-wireless-adapter-computory
Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Masih bingung mengenai apa itu Wireless Adapter? Berikut ini akan Computory berikan penjelasan selengkapnya supaya Anda lebih memahaminya.

Wireless Adapter adalah sebuah perangkat yang menambahkan konektivitas nirkabel/wireless ke laptop atau komputer desktop. Perangkat ini tersedia dalam bentuk modul USB eksternal (dongle) serta kartu PCI atau PCI Express (PCIe) yang dihubungkan ke slot kosong pada motherboard.

Berbeda dengan laptop yang sudah memiliki modul wireless internal, PC atau komputer desktop biasanya tidak memilikinya, sehingga Wireless Adapter ini diperlukan supaya komputer bisa terhubung ke router Wifi/hotspot yang tersedia di sekitar lokasi, yang kemudian dapat digunakan untuk mengakses internet

Atau, bisa juga adapter wireless ini berisikan modul Bluetooth, sehingga nantinya komputer bisa mengakses perangkat Bluetooth yang ada di sekitarnya misalnya Headphone dan Speaker.

Modul Bluetooth dan modul Internet ini berbeda, jadi jangan hanya membeli wireless bluetooth adapter kalau ingin mengakses internet, dan jangan membeli wireless internet adapter apabila ingin mengakses bluetooth, kecuali apabila perangkat tersebut memiliki kedua modul di dalamnya dan tertulis jelas di dalam spesifikasi.

Untuk wireless adapter yang memiliki modul internet juga sering disebut dengan Wifi adapter atau Wifi dongle, sementara untuk Bluetooth umumnya disebut Bluetooth dongle (baca: dong-gel).

Untuk Wifi/Bluetooth adapter USB penggunaannya mudah, karena hanya tinggal dicolokkan ke slot USB yang ada di komputer/PC atau laptop, atau pada USB Hub.

Sementara untuk Wifi adapter PCI/PCIe (Untuk Bluetooth jarang dijual kecuali untuk sparepart laptop), penggunaannya mengharuskan Anda membongkar casing PC dan mencolokkannya ke slot PCI/PCI-e, yang mana umumnya letaknya ada di bawah VGA Card.

Umumnya perangkat-perangkat ini tidak membutuhkan driver, dan bersifat plug-n-play, tetapi biasanya akan ada fitur tambahan dari vendor produsen apabila driver resmi mereka diinstall ke dalam komputer/PC atau laptop, seperti monitor status koneksi dan transfer data di internet.

Ini contoh bentuk dari wifi adapter berbentuk USB:

BACA JUGA  10 Penyebab Wifi tidak Terdeteksi pada PC / Laptop

wifi-adapter-usb

Ini contoh wireless adapter berbentuk PCI/PCIe:

wifi-adapter-pci

Artikel Lainnya

Aksesoris Komputer dan Laptop

Link/URL di bawah merupakan link afiliasi, di mana Computory akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan mengggunakan link tersebut.

Tinggalkan Balasan