Apa itu USB Hub ? Definisi dan Jenisnya

apa-itu-usb-hub
Bagikan Artikel Ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on telegram
Share on email
Share on print

Berikut ini Computory akan menjelaskan mengenai Apa itu USB Hub ? secara rinci sehingga diharapkan akan memberikan pemahaman yang mendalam untuk anda.

Sejak pertengahan 90-an industri komputer telah melihat kelahiran dan pertumbuhan teknologi penghubung yang disebut Universal Serial Bus (USB). Awalnya dirancang untuk menghubungkan komputer dan peralatan telekomunikasi, perlahan-lahan menjadi sarana utama untuk menghubungkan seluruh perangkat lain dan telah membuat kontribusi signifikan ke dunia IT saat ini.

Banyaknya produk USB yang ada di pasaran saat ini sangat mengejutkan, mulai dari mouse dan keyboard, modem, hard drive eksternal hingga kipas USB, lampu dan bahkan penghangat cangkir kopi!

Sebagian besar perangkat eksternal saat ini terhubung ke komputer melalui port USB. Jadi tidak mengherankan bahwa tidak lama kemudian, sebagian besar pengguna komputer mendapati diri mereka bertanya-tanya apa yang harus dilakukan ketika port USB (soket) pada komputer mereka semua telah digunakan.

Ada dua solusi untuk masalah ini, pasang dan lepaskan konektor saat bertukar antar perangkat USB, atau membeli perangkat sederhana yang disebut USB Hub.

A. Apa itu USB Hub?

USB Hub adalah suatu alat yang memiliki dua atau lebih port USB, yang dihubungkan ke port USB di komputer Anda, sehingga akan memberi Anda kebebasan untuk menghubungkan lebih banyak perangkat USB tanpa memutuskan koneksi perangkat lain yang telah tersambung.

B. Jenis USB Hub

Memperluas jumlah port USB komputer Anda dengan cara ini tidak hanya menghemat keausan port USB dan konektor Anda, tetapi juga menempatkan dan merapihkan bagian belakang dari PC Anda.

BACA JUGA  Apa fungsi Clock Speed pada CPU ?

Secara umum, ada empat jenis USB Hub yang tersedia:

Kartu PCI USB Internal

internal-pci-usb
USB port untuk slot PCI

PCI USB Card internal perlu dipasang dengan membuka kasing PC Anda dan memasukkan kartu ke slot PCI kosong pada motherboard, yang mana jenis ekspansi USB ini tidak disarankan kecuali Anda terbiasa membongkar-pasang atau merakit komputer. Jika Anda memiliki USB1.1 yang lebih lama dan meningkatkan ke USB2.0, versi Windows Anda juga perlu diperbarui agar PC Anda dapat mendukung fungsionalitas USB2.0.

USB Hub (Non-Powered)

usb-hub-non-powered
USB Hub tanpa kabel power adapter

USB Hub eksternal non-powered adalah perangkat yang murah dan sederhana yang dihubungkan langsung ke salah satu port USB komputer Anda dan langsung siap digunakan. Ini adalah jenis USB Hub yang paling umum digunakan pengguna komputer.

Perlu diketahui bahwa beberapa perangkat USB memerlukan sejumlah kecil daya melalui port USB, biasanya perangkat mekanis seperti printer, scanner, kamera digital dan sebagainya. USB Hub jenis ini mungkin tidak dapat memasok daya yang memadai untuk perangkat ini terutama jika Anda menggunakan beberapa perangkat USB secara bersamaan.

Powered USB Hub

powered-usb-hub
Powered USB Hub (USB Hub dengan adapter power)

USB Hub Powered ini serupa dengan USB Hub non-powered, tetapi bedanya perangkat ini memiliki colokan adapter power sehingga bisa memberikan pasokan daya yang lebih untuk perangkat yang dicolokkan ke salah satu port nya.

Keunggulannya dibandingkan USB Hub Non-powered adalah pada pasokan daya, sehingga perangkat seperti hard disk eksternal (yang memakai adapter power), printer, scannner, dan lain sebagainya yang membutuhkan pasokan daya bisa dicolokkan ke USB Hub jenis ini.

USB PC Card PCMCIA

PCMCIA USB CARD

Jika Anda menggunakan Laptop dan sedang bepergian, Anda memiliki pilihan lain untuk USB Hub, Kartu PC USB yang juga dikenal sebagai Kartu USB PCMCIA. Perangkat ini dimasukkan ke dalam slot / port PCMCIA yang terdapat di samping Laptop dan secara instan menyediakan dua port USB tambahan tanpa menggunakan port USB yang ada di Laptop.

BACA JUGA  Bocoran Spek NVIDIA GeForce RTX 3090, RTX 3080 & Titan RTX

Ini adalah solusi paling populer untuk pengguna Laptop mobile. Saat membeli USB Hub eksternal yang sesuai, pertimbangkan lokasi port USB komputer Anda. Jika mereka berada di bagian belakang komputer Anda atau dalam posisi yang canggung, Anda dapat membuat hidup Anda jauh lebih mudah dengan menggunakan USB Hub yang dilengkapi dengan kabel ekstensi USB, atau dengan membeli kabel ekstensi USB terpisah.

Ini memungkinkan USB Hub diposisikan ke tempat yang lebih mudah diakses untuk mencolokkan dan mencabut perangkat USB Anda.

Artikel Lainnya

Aksesoris Komputer dan Laptop

Link/URL di bawah merupakan link afiliasi, di mana Computory akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan mengggunakan link tersebut.

Tinggalkan Balasan